Adsense Right Sidebar

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UXCara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
Judul dan logo Figma

Kita akan membahas cara membuat akun Figma untuk desain UI/UX saat pertama kali menggunakan Figma web maupun Figma desktop. Cara membuat akun Figma juga tidak sulit untuk dicoba bahkan sangat mudah untuk dipraktekkan.


Kenapa kita harus membuat akun sebelum menggunakan aplikasi Figma? Hal ini dilakukan karena untuk mengakses Figma kita hanya bisa menggunakannya saat sedang online sehingga memang membutuhkan sebuah akun terlebih dahulu. Namun, keuntungan dari pembuatan akun di Figma tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk saling mengundang desainer lain ataupun untuk bergabung serta berkontribusi dalam sebuah kelompok proyek pembuatan UI/UX desain.


Baca Juga: Cara Export File Figma ke JPG/PNG Lengkap


Figma merupakan aplikasi untuk UI/UX desain yang bisa digunakan gratis dengan fitur yang cukup lengkap dan ramah untuk digunakan oleh pemula. untuk spesifikasi perangkat yang bisa mendukung Figma sendiri adalah laptop yang mempunyai RAM minimal 4GB. 


Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX Dengan Mudah

1. Buka browser dan cari kata kunci Figma


Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
Mencari Figma di Google Chrome

Langkah pertama dalam tutorial cara membuat akun Figma ini adalah dengan menyiapkan paket data atau jaringan wifi di laptop/pc kamu. Selanjutnya, kamu bisa membuka aplikasi browser apa saja yang biasa kamu gunakan untuk menelusuri dunia maya. Pada contoh diatas saya memakai Google Chrome, namun kamu tetap bisa menggunakan mozilla firefox, microsoft edge dan lain sebagainya.

2. Pilih hasil penelusuran Figma yang letaknya paling atas

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
website resmi aplikasi Figma web dan desktop


Setelah memasukkan kata kunci "Figma" pada langkah pertama, maka kamu akan melihat hasil penelusuran yang ditunjukkan oleh aplikasi browser kamu. Pilih hasil link yang berada pada posisi pertama atau posisi yang paling atas. Pastikan link atau tautan yang hendak kamu klik adalah Figma dengan domain (dot) com yaa!

Baca Juga: Cara Download dan Install Figma Desktop di Windows


3. Klik menu "Sign Up"

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
Menu "Sign Up" di Figma

Kemudian kita lanjut ke inti tutorial cara membuat akun Figma untuk Desain UI/UX yang merupakan langkah ketiga dari tutorial ini. Pada langkah ini, kamu hanya perlu mengklik tombol "Sign Up" yang berada pada pojok kanan atas tampilan beranda website resmi Figma seperti yang tampak pada gambar diatas.


4. Membuat akun Figma dengan akun email.

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
mendaftar akun figma dengan email

Pada langkah ini, kamu bisa memilih 2 cara untuk membuat akun Figma kamu. Langkah pertama adalah dengan langsung menekan tombol "Continue with Google" yang akan otomatis tersambung dengan email pada akun Google kamu. Langkah kedua adalah dengan memasukkan alamat email secara manual beserta password yang hendak kamu gunakan untuk login ke akun Figma kamu.


5. Isi deskripsi penggunaan Figma

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
deskripsi nama dan pekerjaan di figma


Jika kamu sudah berhasil melakukan tutorial cara membuat akun Figma pada langkah ke 4 sebelumnya, maka kamu akan melihat tampilan box "Tell us about yourself". Pada tahap ini kamu bisa mengubah nama kamu, bidang minat atau pekerjaan kamu serta kebutuhan penggunaan aplikasi Figma yang terdiri atas "personal use", "for work" dan "for teaching or taking class". Pilih deskripsi penggunaan yang sesuai dengan alasan kamu menggunakan Figma.


Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
deskripsi penggunaan akun Figma


6. Klik "Create Account" dan Selesai

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
"create account" aplikasi figma

Langkah ke enam ini adalah langkah terakhir pada tutorial cara membuat akun Figma untuk UI/UX desain. Jika kamu sudah selesai mengisi deksripsi nama dan penggunaan aplikasi Figma, maka kamu bisa langsung mengklik tombol "Create Account" agar kamu bisa segera menggunakan Figma web maupun Figma desktop app.

Cara Membuat Akun Figma untuk Desain UI/UX
Tampilan aplikasi Figma web dan Figma Dekstop

Setelah kamu menekan "Create Account" maka kamu akan melihat tampilan Figma seperti gambar diatas dan kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Figma secara gratis dengan akun yang sudah kamu buat. Selamat yaa...! Kamu sudah berhasil menjalankan tutorial cara membuat akun Figma dengan sempurna !

Pada aplikasi Figma ini, kamu bisa membuat desain file baru, file Figjam dan juga mengimport file proyek Figma dari rekan kerja ataupun guru/dosen kamu. Dan kamu sudah bisa menggunakan Figma sepenuhnya tanpa kendala serta berkontribusi ataupun mengundah rekan lainnya untuk menyelesaikan tugas/proyek desain UI/UX kamu. 


Bagaimana nih sahabat Blografise? Tutorial cara membuat akun Figma untuk desain UI/UX ini sangat mudah untuk dipahami dan dipraktekkan bukan? Apa kamu sudah siap menciptakan karya UI/UX desain yang luar biasa melalui aplikasi Figma ini?




Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan