Adsense Right Sidebar




Review iPad 9 untuk menggambar digital akan menjadi review iPad pertama yang akan Blografise bahas di blog ini. Beberapa hari yang lalu saya baru saja membeli iPad 9 beserta Apple pencil generasi pertama yang akan menjadi bagian dari perjalanan digital art saya kedepannya hehe.

Sebelum lanjut ke review iPad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi, saya ingin mengutarakan sebuah kebenaran terlebih dahulu. Review yang saya buat disini murni merupakan review seorang pemula yang belum pernah memakai produk apple apapun dan hanya iPad 9 inilah produk Apple pertama yang pernah saya coba.

Oh iya, saya sempat merekam dan juga mengupload video unboxing ipad 9 ke channel Youtube Blografise yang bisa kamu tonton untuk menambahk bahan pertimbangan sebelum membeli iPad 9.

Menurut saya, untuk pengalaman pertama karena saya belum pernah memakai produk Apple, sungguh sangat sulit untuk beradaptasi dengan sistem operasinya karena saya hanya pernah memakai sistem operasi windows ataupun android saja.

Lalu bagaimana dengan kenyamanan saat menggambar digital art? Semuanya akan saya bahas tuntas pada review dan opini saya dibawah ini

Review iPad 9 untuk Menggambar Digital di berbagai aplikasi

1. Ibis Paint X

Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi


Karena ibis paint x adalah aplikasi menggambar digital yang juga gratis untuk iPad maka saya akan membahas aplikasi ini karena menjadi salah satu review ipad 9 untuk menggambar yang sangat saya sukai.

Menggambar di iPad 9 dengan ibis paint x seperti mempunyai alat tempur yang sempurna untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, layarnya yang cukup besar akan sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat webtoon atau komik digital dengan budget yang terbatas. Menurut saya iPad 9 tahun 2021 ini juga sudah bagus untuk menggambar digital art karena memiliki warna sRGB dibandingkan iPad 8 versi sebelumnya.


Namun menurut saya, saya lebih nyaman memakai jari saya untuk menggambar dengan ibis paint x di ipad dibandingkan menggunakan Apple Pencil gen ke -1 nya. Kenapa? Menurut saya ibis paint x agak kurang responsif dalam hal pressure/tekanan yang dihasilkan saat menggambar dengan Apple Pencil. Jadi… Saya pribadi tidak menyukai experience saya menggunakan ibis paint x dengan Apple Pencil di iPad 9 ini.

2. Autodesk sketchbook

Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi



Untuk aplikasi ini saya sungguh tidak menduganya! Ternyata paduan Apple Pencil gen ke-1 dan aplikasi Autodesk sketchbook sangat sempurna! Yapp! Pressurenya sangat bagus dan paling sesuai dengan kebiasaan saya saat menggunakan wacom di PC. Saat menggunakan aplikasi autodesk sketchbook ini, kamu bisa merasakan experience hasil kuas yang sangat halus dan bisa memberikan hasil yang optimal sesuai dengan tekanan yang kamu berikan pada Apple Pencilnya.

Untuk kamu yang suka lettering dan ingin memakai aplikasi gratisan terlebih dahulu di iPad 9 kamu maka Autodesk Sketchbook dapat kamu jadikan pilihan utama untuk berlatih maupun untuk membuat karya.

3. Procreate

Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi



Selanjutnya kita akan membahas review ipad 9 untuk menggambar di aplikasi ke tiga yang merupakan salah satu aplikasi yang paling disukai pemula dan sangat dinanti oleh para pembaca sekalian. Siapa lagi kalau bukan aplikasi Procreate! Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi berbayar dengan harga 159 ribu untuk sekali seumur hidup! Kamu cukup membayar dengan harga yang cukup murah, fitur yang lengkap dan juga bisa produktif tanpa harus membayar biaya langganan perbulan layaknya clip studio paint.

Menurut saya, karena Procreate hanya support untuk produk iPhone dan iPad, maka dapat dipastikan Apple Pencil akan sangat responsif dengan aplikasi yang satu ini. Saya sendiri sungguh tidak menyesal membeli lisensi Procreate dan merasa aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup banyak serta pantas  digunakan untuk berbagai kalangan bahkan profesional sekalipun.

Pressure dan beragam fitur brush yang unik pada Procreate sungguh sangat menakjubkan dan juga membuat saya nyaman serta candu menggunakan aplikasi Procreate ini. Jika kamu ingin berinvestasi pada sebuah aplikasi berbayar di iPad maka saya akan langsung merekomendasikan aplikasi procreate untuk kamu beli sebelum membeli lisensi aplikasi unggulan lainnya seperti clip studio paint (lisensi aplikasi ini dibayar perbulan/pertahun).

4. Medibang Paint for iPad

Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi



Awalnya saya masih belum mengetahui setting yang pas agar Apple Pencil saya dapat terkoneksi ke aplikasi medibang ini. Apple pencil saya sama sekali tidak terdeteksi pada aplikasi menggambar digital yang satu ini. Pressure tidak berfungsi dan bahkan tidak ada bedanya ketika kamu menggunakan Apple Pencil ataupun menggunakan jari. 

Namun ternyata saya mengunduh versi Medibang yang salah hahaha. Saya salah mengunduh medibang versi smartphone yang tidak mendukung Apple Pencil. Jika kamu tidak ingin bernasib sama seperti saya maka kamu harus mengunduh Medibang Paint for iPad yang benar-benar bisa kompatibel dengan perangkat iPad dan Apple Pencil yang kamu gunakan ya!

Untuk Medibang paint for Ipad semua berfungsi sempurna, bahkan pressure pada Apple pencil dan iPad dapat kamu gunakan dengan maksimal untuk membuat karya demi karya. So… Jangan panik kalau pressure apple pencil kamu tidak berfungsi di Medibang paint, bisa saja kamu mengunduh versi yang salah seperti saya.

5. Clip Studio Paint


Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi


Review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi yang terakhir adalah clip studio paint. Untuk Clip studio paint maka pasti kualitasnya tidak akan diragukan lagi tak terkecuali di iPad gen 9 dan apple pencil ini.  Untuk experience lainnya di aplikasi ini tidak berbeda dengan versi pc nya dan overall menurut saya sangat bagus.

Kekurangan clip studio paint versi iPad atau iPhone maupun versi lainnya seperti samsung hanyalah pada pembelian lisensinya. Kalau di pc kamu bisa membeli clip studio paint pro dan ex dengan sistem sekali bayar untuk seumur hidup. namun untuk versi iPad, samsung dan iPhone maka kamu diharuskan membeli lisensi perbulan maupun tahunan. Hal ini pasti akan cukup merogoh kocek maupun keuangan kamu, apalagi jika kamu menggunakan clip studio paint tanpa alasan untuk bekerja secara profesional ataupun projek tertentu.

Nah ini saja review ipad 9 untuk menggambar di berbagai aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa saya bagikan kepada sahabat Blografise! Semoga bisa bermanfaat dan menambah kretifitas serta produktivitas teman-teman dalam berlatih menggambar digital art ya!

 


Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan