Adsense Right Sidebar

Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad gratis dan terbaik
rekomendasi aplikasi menggambar di iPad


Rekomendasi aplikasi menggambar di iPad pasti akan sangat berguna untuk sahabat Blografise yang baru saja berpindah haluan dan menggunakan iPad untuk menggambar digital. Ipad biasanya digunakan untuk menggambar digital karena lebih praktis untuk dibawa bepergian dibandingkan membawa laptop beserta pen tablet. 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, menggambar di iPad dan pen tablet tentu memiliki experience yang berbeda. S aya sendiri lebih nyaman menggunakan pen tablet karena saya sudah bertahun-tahun menggunakan pen tablet dan laptop. Perbedaan yang harus sangat di pertimbangkan adalah layar iPad yang licin agak mengganggu saya karena butuh waktu lebih dari seminggu untuk terbiasa menggunakan layar iPad dan Apple Pencil untuk menggambar. Selain itu, menggunakan anti gores paperlike menurut saya sangat berpengaruh pada perbedaan warna yang muncul setelah memasang anti gores tersebut.


Namun, untuk aplikasi menggambar di iPad yang bisa kamu gunakan baik gratis ataupun berbayar menurut saya semuanya sangat bagus untuk digunakan. Karena kita bisa langsung menggambar dilayar, maka hal ini adalah poin plus yang akan sangat membantu kita untuk menggambar sesuatu dengan leluasa. 

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad yang Cocok Untuk Pemula dan Profesional


1. Medibang Paint for iPad


11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
medibang paint for ipad

Medibang paint for iPad akan menjadi aplikasi pertama dari 11 daftar rekomendasi aplikasi menggambar di iPad yang akan kita bahas. Kita akan mulai dengan aplikasi menggambar di iPad yang gratis untuk digunakan di semua perangkat yang ada. Sejauh yang saya tau, Medibang paint dapat digunakan secara gratis di iPad, laptop, pc, komputer, android, iPhone dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu ingin medibang dapat berjalan dengan sempurna di iPad maka kamu harus mengunduh Medibang Paint versi iPad. Kenapa? Karena saat saya mencoba untuk menginstall dari App Store, ternyata ada dua aplikasi medibang yang bisa kita unduh. Yang satu medibang paint versi untuk pengguna smartphone dan yang satu lagi medibang paint khusus untuk pengguna iPad. 

Apakah ada perbedaan Medibang Paint biasa dan medibang paint for iPad yang kita unduh dari App Store? Tentu ada! Medibang paint for iPad bisa terkoneksi dengan Apple pencil kita dan membuat Apple pencil memiliki pressure dan responsif saat kita gunakan untuk menggambar. Sementara, Medibang paint biasa tidak akan bisa mendeteksi Apple Pencil yang kita gunakan.



Untuk fitur dan experience dari medibang paint for iPad ini menurut saya hampir mirip dengan clip studio paint versi PC. Apple pencil juga cukup responsif saat menggunakan aplikasi ini dan pressure dari kuas yang digoreskan memiliki hasil yang sangat bagus pula. Oleh karena itu, saya merekomendasikan medibang paint for iPad sebagai salah satu rekomendasi aplikasi menggambar di iPad.

2. Ibis Paint X

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
ibis paint di ipad

Selanjutnya kita akan membahas rekomendasi yang kedua yakni Ibis Paint X. Ternyata, Ibis Paint tidak hanya gratis digunakan di android saja! Ibis Paint X juga dapat kamu gunakan secara gratis di iPad kamu secara legal dengan mengunduhnya via App Store.

Kualitas dan keunggulan Ibis Paint X pasti tidak diragukan lagi oleh teman-teman pemula maupun profesional. Segudang tools unik dan unggulan bisa kamu dapatkan secara gratis ataupun dengan menontoniklan beberapa detik terlebih dahulu. 

Saya pribadi juga sangat menyukai aplikasi Ibis Paint X di iPad karena paduan Ibis Paint dan Apple Pencil adalah combo perfect bagi saya hehe.


3. Autodesk Sketchbook

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
autodesk skethbook on ipad

Tidak kalah dari rekomendasi aplikasi menggambar sebelumnya, Autodesk Sketchbook juga bisa kamu gunakan secara gratis di iPad. Jadi, buang jauh-jauh rasa malasmu karena kamu tetap bisa berkarya tanpa dipungut biaya dengan aplikasi Sketchbook ini.

Yang membuat saya jatuh hati dengan aplikasi Sketchbook ini adalah kelengkapan fitur yang luar biasa dan setara aplikasi profesional yang berbayar. Kamu mendapatkan beragam tools, fitur ruler, 3d dan lain sebagainya. Kalau saya sih, mengunduh semua aplikasi menggambar di iPad yang gratis di iPad saya karena semua aplikasi punya kelebihan tersendiri hehe.

4. iArtbook


11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
iartboook di ipad

Aplikasi iArtbook yang gratis ini sangat sempurna untuk kamu gunakan! Seriusan? Yappp! iArtbook memiliki tools dan custom brush yang ternyata jauh lebih lengkap dari ekspektasi saya.

Dan setelah saya mencoba menggambar di aplikasi iArtbook ini, ternyata aplikasi ini sangat sangat bagus untuk digunakan sebagai aplikasi dengan style flat design. Palet warna yang ada di galeri aplikasi iArtbook ini juga sangat lengkap dan bervariasi sehingga tidak akan membuat kamu kesulitan untuk memilih warna gambar kamu.

5. Tayasui Sketches

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
tayasui sketches on ipad

Aplikasi Tayasui Sketches ini sangat luar biasa! Walaupun tampilannnya sederhana, ternyata feels saat menggunakan aplikasi ini tidak bisa dianggap remeh. Ada suara yang dihasilkan dari tiap goresan yang kita coret di kertas canvas. Dan entah kenapa suara goresan tersebut memberikan efek calming bagi saya ketika menggambar di aplikasi ini.

Sketches ini menjadi aplikasi menggamabr di Ipad favorit saya karena aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis di iPad. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menggambar digital di iPad dan saya pastikan kamu tidak akan kecewa saat menggunakannya.

6. Infinite Painter

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
infinite painter di ipad

Aplikasi menggambar di iPad yang ke enam adalah Infinite Painter. Aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis di App Store tanpa harus membayar apapun. 

Menggambar di infinite painter juga memiliki keunikan tersendiri. Entah kenapa, menurut saya aplikasi Infinite Painter ini adalah aplikasi yang memberikan experience seperti benar-benar menggambar diatas kertas! Goresan tidak kaku, pergerakan kuas smooth dan pressure yang dihasilkan juga sesuai dengan selera saya.


Untuk kamu yang suka aplikasi menggambar yang kesannya tidak berat ataupun kaku saat digunakan. Maka saya akan merekomendasikan Infinite Painter sebagai jawaban yang tepat untuk kebiasaan menggambar kamu.

7. Concept

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
aplikasi menggambar Concept

Aplikasi Concept juga merupakan aplikasi menggambar di Ipad gratis yang bisa saya rekomendasikan. Walaupun kesan dan fitur menggambar di aplikasi tidak seunggul aplikasi lainnya, namun menurut saya aplikasi ini akan cocok jika kamu ingin membuat sketsa alur gambar. Kenapa? Karena canvas yang ada di aplikasi ini ukurannya unlimited sehingga kamu bisa menggambar seluas yang kamu mau tanpa rasa khawatir.

Concept ini akan sangat cocok untuk presentasi maupun untuk membuat konten edukasi untuk anak-anak yang nuansanya sederhana namun menarik. Selain itu, aplikasi Concept ini juga sangat bermanfaat untuk UX/UI Designer dalam membuat rangkaian woreframe atau overflow.

8. Procreate

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
aplikasi procreate di iPad

Aplikasi menggambar di iPad yang ke delapan ini adalah salah satu aplikasi terbaik di iPad yang harus kamu dapatkan secara berbayar. Menurut saya walaupun berbayar, procreate masih worth it untuk digunakan karena harganya juga sangat murah.

Berapa harga Procreate untuk iPad? Harganya sebesar Rp 159.000 dan cukup bayar sekali untuk digunakan seumur hidup. Tentunya harga ini sangat murah jika kita bandingkan dengan aplikasi menggambar berbayar lainnya yang bayarannya langganan perbulan atau pertahun.

Untuk keunggulan dan fitur yang diberikan oleh Procreate ini juga bukan kaleng-kaleng nih sahabat Blografise. Ada banyak sekali brush custom yang bisa kamu gunakan serta beragam tools yang sangat berguna untuk mempermudah kamu menggamabar secara digital. Saya pribadi tidak kecewa telah membeli aplikasi procreate ini dan menjadi salah satu rekomendasi aplikasi menggambar di iPad yang bisa saya sarankan.

9. Clip Studio Paint

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
clip studio paint untuk ipad

Aplikasi unggulan ilustrator maupun komikus profesional yakni Clip Studio paint menjadi salah satu aplikasi menggambar di ipas yang juga Blografise rekomendasikan. 

Walaupun Clip studio paint hanya bisa kamu gunakan secara berlangganan bulanan atau tahunan di iPad, namun jika kamu artist profesional maka hal ini bukanlah masalah besar bukan?

Sayangnya saya pribadi belum mencoba membeli aplikasi ini karena saya sudah membeli lisensi Clip Studio Paint EX versi PC. Namun, sejauh pantauan saya, banyak sekali komikus dan digital artist profesional yang juga menggunakan Clip Studio Paint di Ipad. Pastinya hal ini mereka lakukan untuk mengerjakan proyek atau deadline mereka karena fitur yang diberikan Clip Studio Paint sangat komplit untuk digital artist.

10. Adobe Illustrator

Tidak hanya menarik hati desainer pengguna PC/Laptop, ternyata Adobe Illustrator juga menjadi jawara sebagai salah satu aplikasi menggambar di iPad untuk ilustrator.

Flat design, membuat font, template dan masih banyak lagi bisa kamu gunakan secara berbayar dengan Adobe Illustrator. Karena bidang saya lebih ke style kartunis dan bukan flat desain, maka saya belum berkesempatan untuk mencoba apliakasi ini. Namun pastinya, produk milik Adobe ini bisa bersaing dengan aplikasi lainnya di App Store untuk menggambar di iPad.

11.Affinity Designer

11 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
affinity designer di ipad

Aplikasi menggambar di iPad yang ke 11 adalah Affinity designer. Aplikasi ini juga berbayar sekali untuk seumur hidup dengan harga Rp 359.000. Untuk kamu para desainer profesional, tentu saja aplikasi menggambar ini menjadi aplikasi yang affordable untuk kamu beli.

Affinity designer juga sangat cocok digunakan untuk flat design artist yang ingin mengerjakan karya dengan iPad yang bisa dibawa kemana-mana. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dan cocok menjadi salah satu aplikasi investasi untuk para desainer.

12. Adobe Fresco: Draw & Paint

Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad
adobe fresco aplikasi  menggambar di ipad

Adobe Fresco adalah salah satu aplikasi menggambar di iPad yang bisa kamu unduh di App Store. Aplikasi menggambar milik Adobe ini juga bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu aplikasi yang kamu gunakan untuk menggambar.

Fitur yang diberikan oleh Adobe Fresco adalah tools yang hampir mirip dengan fungsi Adobe Photoshop yang biasa kita gunakan di PC. Ada ribuan brush yang bisa kamu gunakan di Adobe Fresco dan kamu juga bisa menggunakan beragam tools lainnya yang disediakan oleh Adobe.


Baiklah sahabat Blografise! Itulah 12 rekomendasi aplikasi menggamar di iPad baik yang gratis ataupun berbayar yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semuanya. Semoga aplikasi menggambar di ipad yang saya rekomendasikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang baru saja ingin memulai menggambar digital di iPad.Sampai jumpa di artikel menarik lainnya di situs Blografise yaa!



Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan