Adsense Right Sidebar

 

Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
Rekomendasi Watercolor Paper Untuk Pemula

Saya akan bahas rekomendasi watercolor paper yang bagus dan murah untuk teman-teman sesama pemula dalam bidang watercolor. Sejujurnya watercolor menjadi hal yang paling saya sukai ketika menggambar secara tradisional karena menurut saya mewarnai dengan watercolor itu lebih mudah dibandingkan menggunakan pensil warna.


Saya baru mulai menekuni mewarnai dengan watercolor sekitar 2 tahun ke belakang karena sebelumnya saya melakukan hal yang paling bodoh di dunia. Yappp! Saya menggunakan watercolor pada kertas biasa/sketchbook yang tidak dikhususkan untuk watercolor sehingga bisa kamu tebak hasilnya sangat hancur-hancuran.


Sebelum membahas rekomendasi watercolor paper ada baiknya saja jelaskan sedikit tentang alasan kenapa kita harus menggunakan watercolor paper? Kenapa tidak kertas biasa? Apa sih perbedaan watercolor paper dengan kertas biasa?


Perbedaan watercolor paper dan kertas biasa untuk teknik watercolor

Watercolor paper ini wajib digunakan pada teknik watercolor karena jenis kertas ini diciptakan dengan tingkat ketebalan dan daya serap air yang sangat tinggi. Sementara kertas biasa yang kita gunakan untuk menulis ataupun untuk sketsa pasti akan sobek, bolong dan melempem jika terkena air. 

Selain itu, ketika kita menggunakan watercolor paper, kita bisa leluasa mengontrol arah serta mencampurkan warna watercolor kita antara satu dengan warna lainnya. Sebaliknya, jika kita menggunakan kertas biasa maka warna akan langsung menempel, kertas juga akan menggumpal dan akhirnya akan sobek karena gesekan kuas dan kapasitas air.

Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

1. Artemedia Watercolor Paper

Karena Artemedia adalah watercolor paper yang bagus dan murah serta merupakan watercolor paper pertama yang pernah saya coba, maka saya akan merekomendasikan ini terlebih dahulu. Watercolor paper artemedia memiliki beragam variasi ukuran mulai dari yang paling kecil yakni A6 lalu A5, A4 dan yang berukuran paling besar yakni A3.


Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
artemedia watercolor paper 200 gsm


Pada awal saya mencoba watercolor paper artemedia, saya membeli ukuran terkecil yakni A6 yang harganya Rp 9.000 an/ 1 pak dan isinya ada 12 lembar watercolor paper. Ketebalan watercolor paper artemedia adalah 200 gsm dan ada memiliki 2 sisi (sisi bertekstur kasar dan halus) yang bisa kamu gunakan sesuai selera. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan tekstur kasar saat menggunakan watercolor, namun jika teman-teman menyukai sisi yang halus juga tidak masalah kok. 


Untuk ukuran A3 yakni ukuran terbesar watercolor paper artemedia, harganya adalah Rp 40.000an dan isinya ada 5 lembar. Artemedia memang dikenal sebagai salah satu favorit pemula dalam list watercolor paper yang bagus dan murah.


2. V-Tec Watercolor Paper

Berbeda dengan watercolor paper sebelumnya yang memiliki ketebalan 200 gsm, V-tec watercolor paper bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah yakni Rp 9.000 an(12 lembar) dan memiliki ketebalan 300 gsm. 

Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
v-tec watercolor paper 300 gsm



Sebenarnya tingkat ketebalan watercolor ini tidak mempengaruhi jelek dan bagusnya hasil karya kamu kok. Hanya saja ada beberapa teknik watercolor yang kadang membutuhkan kertas dengan ketebalan 200 gsm dan terkadang 300 gsm. Kita bisa menyesuaikan ketebalan kertas dengan kenyamanan kita sebagai pengguna dan juga style kita yaaa!


3. Baohong Watercolor Paper

Merk baohong ini adalah watercolor paper yang sangat booming akhir-akhir ini dan sangat direkomendasikan sebagai watercolor paper yang bagus dan untuk pemula.

Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
baohong watercolor paper cellulose 300 gsm



Karena saya sangat suka menggambar di ukuran kertas A6, saya selalu stok banyak watercolor paper baohong ukuran A6 yang harganya Rp 7.000 an (isi 10). Ketebalan kerta dan juga bahan dari watercolor paper baohong ini seperti kualitas premium gitu. Selain itu, saya juga sangat menyukai tekstur dari watercolor paper baohong ini, apalagi ketika saya menggunakan cat gouache, rasanya dapat paket kombo mantap.

4. Canson Montval Watercolor Paper

Saya sangat sering membeli watercolor paper montval yang ukuran A3 dengan ketebalan 220 gsm karena harganya sangat murah. Biasanya saya membeli watercolor paper ini jika saya ingin membuat dan menjahit watercolor sketchbook (ukuran A5 dan A6) buatan saya sendiri agar lebih hemat. Harganya juga hanya sekitar Rp 20.000 an untuk 5 lembar kertas berukuran A3 dan hasil saat menggunakan watercolor paper montval yang jenis ini juga tidak akan membuatmu kecewa.



Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
canson montval A3 220 gsm


Untuk ukuran terkecil dari watercolor paper canson montval 220 gsm ini sendiri adalah ukuran A6 dengan harga Rp 9.000 an per 12 lembar kertas.


5. Leyton Watercolor Paper

Rekomendasi watercolor paper yang bagus dan murah ke lima sekaligus yang terakhir adalah Leyton watercolor paper. Leyton juga memiliki harga yang terjangkau namun berkualitas bagus untuk kamu gunakan dengan cat watercolor. 

Rekomendasi Watercolor Paper Yang Bagus dan Murah
leyton watercolor paper 300 gsm



Harga dari ukuran A6 leyton watercolor paper juga berkisar Rp 9.000 an untuk 10 lembar kertas dan memiliki ketebalan kertas 300 gsm. Kamu juga bisa menghasilkan gambar yang bagus dengan menggunakan watercolor paper leyton ini dengan harga yang juga ramah di kantong kamu.

Oh iya..! Jenis watercolor paper cold pressed juga saya rasa sangat cocok untuk teman-teman pemula dibandingkan jenis hot pressed. Kenapa? Karena untuk pemula dalam menggunakan watercolor, watercolor paper jenis cold press membuat kita lebih mudah mengaplikasikan karya kita dengan media cat air dibandingkan jenis hot pressed . 


Itulah 5 rekomendasi watercolor paper yag bagus dan murah untuk pemula serta pelajar yang bisa blografise bagikan pada artikel kali ini. Sangat penting untuk kamu agar menggunakan watercolor paper jika kamu ingin menggunakan cat air / watercolor. Dan list rekomendasi ini akan sangat membantu teman-teman sesama pemula yang ingin mencoba watercolor paper dengan harga terjangkau namun mempunyai kualitas yang sangat baik. 

Nah... Itu saja yang bisa blografise bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah wawasan sahabat blografise tentang ilmu seputar watercolor paper yang bagus dan murah untuk pemula yaaa!


Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan