Adsense Right Sidebar

Review Pen Tablet Huion H640P di Android dan Laptop
Review Pen Tablet Huion H640P di Android

Kita akan bahas review pen tablet huion h640p di android dan laptop yang sudah saya gunakan sebagai pengganti pentab saya yang terdahulu yakni wacom intuos draw ctl-490.

Sedikit cerita, jadi saya sudah pernah menggunakan 3 pen tablet yakni Huion H420, Wacom Intuos Draw ctl-490 dan Huion H640p. Kalau teman-teman belum tahu, ketiga jenis pen tablet ini bukan merupakan pentab display (yang memiliki layar) jadi pentab ini hanya perantara layaknya mouse namun memiliki pressure (tekanan) yang bagus saat digunakan untuk menggambar. Oh iya, kebanyakan pen tablet harus digunakan bersamaan dengan laptop/pc ya teman-teman, jadi kita tidak bisa menggambar menggunakan pentabnya saja seperti saat menggambar di iPad. 

Review Pen Tablet Huion H640P Untuk Menggambar Di Android & Laptop

Kabar baik dan inovasi yang saya suka dari seri terbaru dari Huion sekarang adalah karena sekarang merk termurah pun sudah bisa digunakan untuk menggambar di laptop dan juga di hp android! Dulu Huion H420 yang pernah saya gunakan hanya bisa digunakan di laptop/pc saja dan harganya juga Rp 400.000 an gitu. Dan saat ini Huion yang paling murah yakni seri H430P bisa kita dapatkan di kisaran harga Rp 300.000 an saja dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan Huion h420 serta sudah bisa digunakan untuk menggambar di hp android pula!

Nah... Review pen tablet Huion H640P yang akan saya bahas ini harganya sedikit lebih mahal dari Huion H430p yakni berada dikisaran harga Rp 400.000 an dan memiliki ukuran yang cukup besar serta bisa di koneksikan ke hp android dengan sangat baik. 

Oh iya, untuk yang kepo apa saja yang kita dapatkan saat membeli pen tablet Huion H640P. Di dalam 1 paket Huion H640P kita mendapatkan 2 buah otg (micro usb dam type c), drawing pen, 8 mata pen cadangan (nib), stand holder untuk pen, 1 drawing tablet dan kabel usb yaaa...!

1. Review Pen Tablet Huion H640P Untuk Menggambar Di Laptop / PC

Menurut saya yang paling penting dan sangat ingin diketahui oleh calon pembeli adalah kemampuan pen tablet Huion H640P untuk digunakan di berbagai software desain grafis dan juga digital art. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir karena saya akan review pen tablet huion h640p saat digunakan di berbagai software pada PC/Laptop.

a. Corel Draw X7

Pen tablet Huion H640P ternyata bisa digunakan di berbagai software menggambar digital art dan juga desain grafis. Salah satunya saat saya mencoba menggunakan Pen tablet Huion H640p pada software Corel Draw. Huion H640p dapat berfungsi sangat baik untuk digunakan di Corel Draw X7 mulai dari pen tool, bezier tool, brush dan dapat berfungsi sangat baik pada semua fitur Corel Draw X7.

Review Pen Tablet Huion H640P di corel draw
review huion h640p di corel draw


b. Adobe Photoshop

Review pen tablet huion h640p yang kedua adalah dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Pada awal menggunakan Huion H640P saya sempat suudzo bahwa Huion H640P tidak memiliki pressure saat digunakan untuk menggambar di Adobe Photoshop. Saat menggunakan kuas, saya cukup kebingungan karena sepertinya pressurenya tidak berfungsi dan tidak ada hasil ujung yang lancip pada goresan kuasnya.


Ternyata, kita hanya perlu mengganti satu kali brush (mencoba brush lain terlebih dahulu) agar muncul gambar kuas yang menunjukkan pressure pen tablet telah berfungsi. Kira-kira akan muncul gambar kuas di pojok kiri atas yang tampak seperti gambar kuas dibawah ini.
Review Pen Tablet Huion H640P di adobe photoshop
review huion h640p di adobe photoshop


Setelah percobaan mengganti brush 1 kali, saya tidak memiliki masalah pressure lagi pada saat menggunakan pen tablet Huion H640p untuk menguji coba hasil kuas/brush di Adobe Photoshop. Hasilnya sangat bagus dan kamu bisa melihat hasil uji coba kuas dari Huion H640P pada gambar dibawah ini.

Review Pen Tablet Huion H640P di adobe photoshop
review huion h640p di adobe photoshop

c. Inkscape

Menggunakan alat bantu pen tablet Huion H640P di software desain grafis gratis seperti Inkscape juga saya jamin tidak akan membuat kamu kecewa. Jika sahabat Blgrafise sudah terbiasa menggunakan Inkscape, maka pen tablet Huion H640p ini menurut saya sangat membantu teman-teman saat ingin membuat karya digital desain grafis di software Inkscape.
Review Pen Tablet Huion H640P di inkscape
review huion h640p di inkscape


d. Clip Studio Paint

Selanjutnya kita akan review pen tablet huion h640p dengan software idaman dan terfavorit saya yaitu Clip Studio Paint. Dan..... Saya sangat puas serta tidak kecewa sama sekali saat menggunakan Huion H640P di software ini. Mungkin karena pressurenya yang lebih tinggi dari pen tab wacom saya sebelumnya, saya merasa pressure huion h640p yang tekanannya 8192 jauh lebih ringan digunakan untuk menggambar di sofware ini.

Kalian bisa melihat hasil dari brush yang saya variasikan tekanannya saat menggambar di Clip Studio Paint ternyata tekstur seperti gambar dibawah ini tidak terlalu susah kita dapatkan. Yappp kita tidak harus menekan pen kita sekuat tenaga untuk mendapatkan variasi ketebalan dari brush, pen atau pensil yang kita gunakan di software ini.

Review Pen Tablet Huion H640P di clip studio paint
review huion h640p di clip studio paint


e. Krita

Software menggambar digital art selanjutnya yang akan kita review saat menggunakan Huion H640P adalah Krita. Krita merupakan salah satu software menggambar digital art di PC/Laptop yang gratis kita gunakan tanpa harus membeli lisensi seperti software lainnya.


Dan saat saya mencoba menggunakan pen tablet Huion H640p ini ternyata pentab ini sangat bagus juga digunakan di software menggambar seperti krita. Kalian bisa lihat pada hasil gamabr dibawah ini, brush yang saya gunakan mempunyai hasil yang sangat sesuai dengan tekanan yang saya gunakan pada pen tabnya dan menurut saya hasil seperti ini sudah sangat bagus walaupun pen tab ini termasuk pen tab murah dibawah 500 ribuan.

Review Pen Tablet Huion H640P di krita
review huion h640p di krita
 


f. Paint Tool SAI

Software menggambar terakhir di pc/laptop yang akan saya review dengan pen tablet Huion H640P adalah software Paint Tool SAI. Menurut saya Huion H640P sudah sangat bagus karena bisa berfungsi di semua software desain grafis dan menggambar digital art yang saya miliki di laptop saya.

Namun pada Paint Tool SAI sayangnya tombol shortcut pada pen tab sering tidak berfungsi namun di software lain tombol shortcut pen tablet Huion H640P tidak ada masalah dan kendala sama sekali.

Review Huion H640P di Paint Tool SAI
Review Huion H640P di Paint Tool SAI


2. Review Pen Tablet Huion H640p Untuk Menggambar Di Hp Android

Sebelum memulai review pen tablet huion h640p di hp android untuk menggambar di berbagai aplikasi, saya ingin menyampaikan satu informasi penting yakni 6 tombol shortcut pada pentab tidak bisa digunakan di hp android, jadi cuma berfungsi di laptop dan pc saja yaa!

a. Ibis Paint X

Software yang pertama kali saya coba saat menguji fungsi pen tablet huion h640p ini di aplikasi menggambar pada hp android saya adalah aplikasi gratisan kesayangan saya yaitu Ibis Paint X.


Review Huion H640P di Ibis Paint hp android
huion h640p di ibis paint x

Teman-teman bisa melihat pada gambar diatas, bahwa pen tablet Huion H640P benar-benar sesuai dan melebihi ekspektasi saya saat digunakan di hp android dan aplikasi Ibis Paint X. Walaupun kita lihat ada beberapa hasil brush yang flat (tidak ada perbedaan pressure) namun saat mencoba brush lain, ada banyak brush yang kompatibel untuk mewujudkan perbedaan pressure brush yang dihasilkan serta menghasilkan variasi tingkat ketebalan yang baik pula.


b. Autodesk Sketchbook

Review pen tablet Huion H640P di android selanjutnya adalah pada aplikasi Autodesk sketchbook yang juga bisa kita dapatkan secara gratis untuk di gunakan di hp android. Untuk tekanan dan variasi tingkat ketebalan yang dihasilkan pen tablet Huion H640P di aplikasi ini juga menurut saya sama seperti ulasan pada aplikasi sebelumnya yaitu Ibis Paint X.

Review Huion H640P di autodesk sketchbook hp android
huion h640p di autodesk sketchbook

Pada gambar di atas kamu bisa melihat hasil coretan yang saya lakukan di aplikasi autodesk sketchbook dengan menggunakan Huion H640P, hasilnya tetap dan gerakannya juga tidak ada delay sama sekali. Overall saya sangat suka menggunakan Huion H640P di aplikasi Ibis Paint X dan juga Autodesk Sketchbook ini.


c. Medibang Paint

Baiklah untuk penutup review pen tablet Huion  H640P di hp android kali ini akan ditutup dengan aplikasi Medibang Paint yang juga bisa kita dapatkan secara gratis di Playstore.

Sayangnya... Saya tidak menyukai experience saat menggunakan pen tablet huion h640p di aplikasi Medibang Paint ini. Saat saya mencoba uji coba pen tab ini di medibang paint, hasilnya delay dengan goresan drawing pennya dan pressure serta variasi ketebalan kuas/brush nya juga tidak kompatibel di aplikasi ini.

Review Huion H640P di medibang paint hp android
medibang paint dan huion h640p

Pada gambar diatas, teman-teman bisa membandingkan hasil goresan dari pen tablet huion h640p pada medibang paint dengan review sebelumnya yakni pada Ibis Paint X dan Autodesk Sketchbook. Saya merasa, jika saya pengguna setia aplikasi medibang paint di hp android, saya pasti akan kesal saat mencoba pen tablet huion h640p di aplikasi ini karena delaynya. Jujur, hal yang paling saya benci adalah delay dari pen tab. Namun karena saya bukan pengguna setia medibang paint untuk menggambar di hp android, maka saya fine-fine aja dengan pen tablet ini.


Baiklah teman-teman, sesi review pen tablet huion h640p di android dan laptop dar berbagai software serta aplikasi telah saya bahas secara menyeluruh diatas. Teman-teman bisa menilai pen tablet Huion H640P ini bakal cocok atau tidak dengan sahabat blografise melalui gambar hasil coretan yang sudah saya tampilkan pada setiap software di pc/laptop dan juga aplikasi menggambar di hp android.

Semoga review pen tablet huion h640p ini bisa bermanfaat untuk teman-teman pemula yang sedang mempertimbangkan untuk membeli pen tablet ini yaaa! Sampai jumpa di artikel menarik dan bermanfaat selanjutnya di situs blografise yaaa!



Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan