Adsense Right Sidebar

 

Review Himi Miya Gouache Dan Tips Untuk Pemula
Review Himi Miya Gouache Bersama Blografise


Kali ini kita akan review Himi Miya Gouache dan tips untuk pemula yang baru pertama kali menggunakan cat berjenis gouache. Jujur saja, pada tahun 2020 silam saat Himi Miya Gouache ini berulang kali muncul di fyp (for your page) Tik Tok, saya sangat menahan diri karena ingin membeli dan mencoba pendatang baru ini.


Saya sendiri cukup menahan diri hingga akhirnya saya membeli Himi Miya Gouache pada April 2021 lalu. Dan baru bisa menulis reviewnya sekarang karena kesibukan saya yang tidak memungkinkan untuk membuat konten baik di Blog ini dan juga Youtube Channel Blografise.


Sebelumnya, jika sahabat Blografise belum tahu sebenarnya Himi Miya Gouache itu cat yang seperti apa? Jadi Himi Miya Gouache ini adalah jenis cat yang merupakan perpaduan dari jenis cat akrilik dan watercolor.


Pada review kali ini saya akan memberikan review jujur saya dan sedikit saran yang akan sangat membantu untuk teman-teman sesama pemula sebelum membeli jenis cat yang satu ini dalam karya seni tradisional kalian.


Review Himi Miya Gouache Dan Tips Untuk Pemula Yang Penting Untuk Diketahui

1. Cat Ini Sangat Mudah Kering

Review himi miya gouache dan tips untuk pemula yang pertama kali harus saya sampaikan adalah hal paling dasar yang harus kamu ketahui sebelum membeli Himi Miya Gouache ini. Yappp...! Jangan sampai kamu kurang mencari informasi dan terkejut saat cat yang baru kamu beli ternyata sudah kering saat kamu ingin menggunakannya lagi di kemudian hari !

Review Himi Miya Gouache Dan Tips Untuk Pemula
himi miya gouache set 18 warna


Untuk Himi Miya Gouache dengan versi set (case, palet dan set beberapa warna), mini box setiap warna pada set tidak ada tutup nya! Jadi setelah kamu buka plastiknya, Himi Miya Gouache kamu akan kering dengan cepat dan tidak berbentuk cair lagi. 


Hal ini sangat berbanding terbalik dengan Himi Miya Gouache versi Refill 100 ML yang saya beli dan ada tutup plastik yang dapat menjaga tekstur tetap cair (saya sangat berharap versi set 12, 18, 36, 56 warna dan lain-lain juga mempunyai tutup plastik huhu).

Himi Miya Gouache Refill 100 ml murah dan banyak
Himi Miya Gouache Refill 100 ml dilengkapi tutup plastik

Saya mengakali cat Himi Miya Gouache yang mudah kering ini dengan memisahkan cat ke mini pan dan juga box mini supaya Himi Miya Gouache 18 warna saya tidak terlalu sering dibuka jadi tidak mudah kering. 

Review Himi Miya Gouache Dan Tips Untuk Pemula
Saya pindahin kesini biar mudah dibawa kemana-mana



Terkadang saya juga menambahkan air bersih sedikit jika Himi Miya Gouache saya terlanjur kering, dan Gouache nya akan kembali seperti biasa. Kamu juga bisa membeli Himi Miya Moisturized Spray yang memang dijual oleh Himi Miya agar Gouache kamu bisa kembali kental seperti sebelumnya.

2. Warnanya Mudah Dicampur Satu Sama Lain

Nah... Hal ini menurut saya merupakan hal yang sangat menguntungkan. Kenapa? Karena dengan begitu kamu bisa lho cukup membeli versi refill 100 Ml dengan warna dasar (Putih, biru, kuning dan merah saja). Dari warna dasar ini kamu bisa menghasilkan banyak warna baru dan lebih menghemat pengeluaran kamu juga.

Jadi... Meskipun kamu memiliki sedikit warna saja, kamu tetap bisa menghasilkan banyak warna baru dibandingkan ketika kamu menggunakan merk seperti sakura koi watercolor yang jika kamu campur satu sama lain warna nya sangat susah untuk bersatu dan hasilnya bisa menjadi abu-abu.

3. Memiliki Warna Yang Pekat dan Sangat Vibrant

Hal ini menjadi nilai plus plus bagi saya! Dibandingkan menggambar dengan warna soft seperti sakura koi watercolor yang saya punya, saya ternyata sangat jatuh cinta dengan warna yang cerah, pekat dan sangat kuat dari Himi Miya Gouache ini. Art style saya yang juga menggunakan warna cerah ternyata sangat bagus ketika menggunakan Gouache, padahal saya baru pertama kali menggunakan jenis cat Gouache.

Jika kamu menyukai cat yag menghasilkan warna cerah, pekat dan tampak lebiih hidup maka bisa saja kamu juga cocok dengan Himi Miya Gouache ini seperti saya.

4. Warna Dapat Ditimpa Satu Sama Lain

Hal baik berikutnya dari Himi Miya Gouache ini adalah cat ini bisa ditimpa satu sama lainnya dengan sangat baik. Jika saat menggunakan watercolor kamu hanya bisa bereksperimen dengan menggunakan warna yang lebih terang dan di timpa dengan warna yang lebih gelap maka hal ini sangat berbanding terbalik dengan gouache. 


Saat menggunakan Gouache, kamu bisa saja menggunakan warna hitam terlebih dahulu, lalu ditimpa menggunakan warna kuning atau bahkan putih dan warna tersebut akan tampak sama seperti biasa. Kalau kamu mencoba watercolor dari warna gelap misalnya hitam dahulu dan ditimpa warna cerah, dijamin deh warna cerah tersebut akan hilang eksistensi nya alias tidak memancarkan warnanya sama sekali.

5. Bisa Multifungsi Menjadi Watercolor

Review himi miya gouache dan tips untuk pemula selanjutnya adalah Himi Miya Gouache yang multifungsi. Bukan hanya menjadi menjadi cat Gouache dengan tingkat kekentalan yang pekat dan kuat. Kita ternyata bisa juga mengubah cat Gouache ini menjadi watercolor lho! Hah? Kok Bisa? Bisa Dong! 

Jika kamu ingin menggunakan teknik Gouache saat menggambar, maka kamu bisa langsung menaruh kuas dan langsung melukis di kertas. Nah... Jika kamu ingin mengubahnya menjadi watercolor, kamu bisa memindahkan warna Gouache yang ingin kamu jadikan waterocolor ke dalam palet dan kemudian kamu tambahkan air sedikit lebih banyak seperti saat kamu menggunakan watercolor pada umumnya.

Hal ini akan sangat membantu teman-teman pemula dan low budget yang ingin belajar Gouache dan Watercolor bersamaan namun hanya dengan menggunakan 1 jenis cat saja. Pasti cara ini akan lebih hemat di kantong kamu dibandingkan harus membeli keduanya bukan?

6. Warna Susah Hilang Dari Kuas Saat Dibasuh Air 

Untuk pemula seperti saya yang suka bergonta ganti warna, hal ini adalah neraka dan kamu harus ekstra hati-hati hehe. Bukan karena merknya ga bagus, tapi karena skill sebagai pemula saya yang masih takut warna sebelumnya akan bercampur dengan warna baru yang seharusnya tidak saya gunakan.

Maksudnya gimana nih? Misal nih, saya sebelumnya menggunakan warna biru gelap lalu saya ingin mengganti ke warna kuning terang. Saya akan sangat kesulitan menghilangkan warna biru gelap sebelumnya walaupun saya sudah membilas kuas berkali-kali. Namun jika kita melihat ke seniman yang sudah profesional, mereka tidak akan takut untuk langsung menambahkan warna lain tanpa harus membersihkan warna yang sudah digunakan sebelumnya.

Nah.. Hal ini harus teman-teman pertimbangkan juga, karena saya cukup merasa kewalahan dan kasihan dengan banyaknya cat yang terbuang sia-sia karena skill saya yang masih kurang. Setiap mengganti warna saya harus mencuci kuas sampai bersih karena saya bingung kalau warnanya kecampur diluar dari warna yang saya butuhkan huhuhu.


7. Sangat Cocok Untuk Studio Ghibli Style 

Untuk kamu yang mempunyai art style ala-ala Studio Ghibli maka Gouache yang satu ini dijamin akan sangat merealisasikan hasil sesuai imajinasi kamu! Yappp! Gouache ini ternyata sangat cocok disandingkan dengan art style realis seperti Studio Ghibli dan saya melihat sangat banyak karya luar biasa yang menggunakan art style studio ghibli dengan menggunakan Himi Miya Gouache baik dari seniman indonesia dan juga seniman dari luar negeri.

Review Himi Miya Gouache Dan Tips Untuk Pemula
Ini salah satu fanart saya pakai studio ghibli style

Untuk hal yang satu ini rasanya saya sangat menyukainya! Bahkan saya yang tidak menggambar dengan style Studio Ghibli ternyata saat mencoba, saya benar-benar takjub seakan tidak percaya kalau saya yang pemula ini bisa menggambar dengan sangat bagus saat menirukan style menggambar dari studio ghibli.


Gambar diatas adalah percobaan pertama saya saat menggunakan Himi Miya Gouache dengan menggunakan studio ghibli style? Bagaimana menurut teman-teman? Hasilnya lumayan bukan? Padahal saya masih pemula dan baru kali ini menyentuh serta menggunakan cat berjenis Gouache.

8. Ada Versi Refill 100 ML Yang Sangat Worth It

Supaya saya lebih totalitas menulis review himi miya gouache dan tips untuk pemula ini. Saya membeli versi set 18 warna dan juga versi satuan (refill 100 ml) agar bisa melihat sebenarnya lebih menguntungkan beli versi set banyak warna atau yang satuan saja sih? Pasti teman-teman juga penasaran bukan? Terlebih jika teman-teman punya low budget, ingin berhemat tapi juga ingin mencoba Himi Miya Gouache.

himi miya gouache refill 100 ml vs 30 ml
himi miya gouache refill 100 ml vs 30 ml



Sebagai contoh, jika kamu membeli Himi Miya Gouache versi set seperti yang saya beli yaitu set 18 warna dengan harga Rp 150.000 an (Setiap warna isi 30 ml). Dan jika membeli warna dasar putih, biru, kuning, merah dan mungkin jika diperlukan warna putih hanya menghabiskan 80 ribuan saja dan mendapatkan 5 warna dengan isi 100 ml ditambah lagi kamu bisa bereksperimen membuat lebih banyak warna baru dengan leluasa.

himi miya gouache refill 100 ml vs 30 ml
Warna dasar versi refill 100 ml yang saya beli


Nah bagaimana nih sahabat Blografise? Apakah kamu memiliki gambaran dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak sebelum memilih untuk membeli Himi Miya Gouache? Apakah review himi miya gouache dan tips untuk pemula dari saya ini bermanfaat untuk kamu? Saya harap tulisan ini bisa membantu sahabat Blografise yang sedang mempertimbangkan untuk membeli Himi Miya Gouache yaaa!

Kalau teman-teman merasa review ini berguna kalian boleh share artikel ini ke teman-teman sesama pemula lainnya yang mungkin juga akan sangat berguna bagi orang lain yaa! Dan disini saya juga memohon dengan sangat agar teman-teman sesama blogger tidak mengcopy paste seluruh isi artikel saya ke blog kalian tanpa izin dan tanpa mencantumkan sumber dari blografise yaa! 

Ini saja yang bisa saya sampaikan kepada sahabat Blografise yang selalu mendukung saya baik di blog ini maupun di channel youtube blografise. Sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya di situs blografise yaaa!


Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan