Adsense Right Sidebar

TEKNIK DASAR YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT MELUKIS WATERCOLOR
Teknik dasar saat belajar watercolor

Pernahkah kamu mendengar teknik dasar watercolor yang wajib diketahui saat melukis? Nah... Jika kamu baru saja ingin beralih dan belajar cara melukis dengan watercolor, maka kamu wajib mengetahui beberapa teknik yang akan Blografise bahas pada artikel kali ini.

Sebenarnya, ada banyak sekali teknik mewarnai atau melukis dengan watercolor yang bisa kamu coba dan gunakan lho! Namun, karena ini adalah teori dasar, jadi Blografise hanya akan membagikan 4 teknik dasar untuk melukis dengan watercolor.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kita langsung menuju pembahasan teknik dasar watercolor yang wajib diketahui saat melukis dibawah ini.

TEKNIK DASAR WATERCOLOR YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT MELUKIS UNTUK PEMULA

Teknik watercolor yang akan kita pelajari hari ini terdiri dari 4 teknik dasar yang wajib diketahui saat melukis watercolor yang terdiri dari:

1. Teknik Dry On Dry


Teknik watercolor yang pertama kali kita bahas adalah teknik dry on dry. Teknik ini sangat mudah untuk teman-teman lakukan  apalagi kalau teman-teman merupakan team yang tidak suka banjir-banjiran saat melukis. 


Sesuai namanya, teknik dry on dry ini merupakan teknik melukis dengan sarana kering saat kita menggambar watercolor. Nah... Teknik ini sangat cocok digunakan pada media kertas yang bertekstur kasar sehingga gambar yang kita buat juga menghasilkan warna yang tampak bertekstur.

teknik dasar watercolor yang wajib diketahui pemula
Teknik Dry On Dry



Untuk dapat menggunakan metode dry on dry ini, syarat utamanya adalah kita harus menggunakan kertas yang kering dan juga cat yang kering. Maksud kering disini yaitu media cat dan kertas yang kita gunakan untuk menggambar menggunakan watercolor tidak boleh terkena air sama sekali. 

2. Teknik Dry On Wet

Berbeda dengan teknik dry on dry, pada teknik campuran kering basah kali ini, kita akan menggunakan air pada media kertas kita. Pada metode ini, cat tetap kering tanpa campuran air namun media kertas menggunakan teknik basah.

Bagaimana caranya? Kita basahi terlebih dahulu kertas yang akan kita gunakan untuk menggambar dengan air lalu di ratakan dengan kuas. Jika kertas sudah dibasahi, maka langkah selanjutnya adalah mulai menggunakan kuas dan cat ke media kertas yang sudah dibasahi tadi.

teknik dasar watercolor yang wajib diketahui pemula
Teknik Dry On Wet

Saat menggunakan teknik dry on dry, kita bisa mendapatkan tekstur yang cukup halus serta bisa mengatur warna pada cat watercolor sesuka hati. Selain itu, pada teknik ini kita juga lebih mudah untuk mencampur satu warna dengan warna lainnya dan juga mudah untuk melakukan blending serta mengatur gradasi warna yang digoreskan pada kertas. Hasil warna teknik dry on wet lebih lemah dibandingkan teknik dry on dry, sehingga Sahabat Blografise masih bisa menambahkan warna lain diatas warna yang sudah dilukiskan.

3. Wet on Dry


Teknik dasar watercolor yang wajib diketahui yang ketiga adalah teknik wet on dry. Teknik ini digunakan dengan cara membasahi kuas dan cat dengan air, namun media kertas tetap dalam keadaan kering. Nah... Pada teknik ini, hasil gambar kita akan memiliki warna yang kuat, namun tekstur warna pada kertas menjadi lebih halus dibandingkan dengan metode dry on dry sebelumnya.


Kamu lebih mudah membuat bentuk dan juga mewarnai pada metode ini jika kamu harus menggambar sesuatu dengan detail objek yang berukuran kecil. 

TEKNIK DASAR WATERCOLOR YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT MELUKIS
Teknik Wet On Dry


4. Wet On Wet

Teknik dasar watercolor yang wajib diketahui terakhir adalah teknik wet on wet. Pada teknik ini kita menggunakan teknik basah dengan media kuas basah dan juga kertas yang dibasahi air. 

Teknik ini juga mempunyai hasil yang sangat bagus jika kamu sudah terbiasa menggunakannya. Saya sendiri biasanya menggunakan teknik ini untuk membuat latar dari gambar maupun pemandangan yang menggunakan media full 1 lembar kertas. 

Cara menggunakan teknik ini yaitu dengan membasahi terlebih dahulu kertas dengan air hingga merata. Kemudian kita bisa langsung melukiskan kuas dan cat yang sudah dicampur air ke kertas yang sudah dibasahi. Pada teknik ini, cat yang kita gunakan akan sangat mudah bergerak ke berbagai arah dan kita juga lebih mudah mengarahkan cat ke seluruh bagian kertas.

Saya sendiri cukup menyukai teknik wet on wet ini, walaupun... Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mengeringkan kertasnya setelah kita selesai menggambar.
TEKNIK DASAR WATERCOLOR YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT MELUKIS
Teknik Wet On Wet


Itu saja ilmu yang bisa Blografise bagikan seputar teknik dasar watercolor yang wajib diketahui saat melukis atau menggambar untuk pemula. Semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman yang baru saja mempunyai ketertarikan di bidang seni tradisional painting watercolor, agar lebih maksimal untuk berkreasi yaaa...!

Jangan lupa untuk mengunjungi channel Youtube Blografise untuk mendapatkan beragam tutorial menarik seputar digital art, desain grafis, tradisional art, dan hal bermanfaat lainnya yaaa!

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan