Adsense Right Sidebar

 

Cara Menambahkan Gambar ke Dalam Bingkai di Clip Studio Paint
cara menambahkan gambar di CSP


Pernah coba cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di Clip Studio Paint dan Gagal?
 Nah... Saya benar-benar paham masalah kalian yang ingin menambahkan gambar JPG/PNG yang sudah jadi ke dalam bingkai di Clip Studio Paint. Ternyata... Cara menambahkan gambar JPG/PNG ke dalam bingkai/frame Clip Studio Paint sangat mudah dilakukan lho!

Disini, saya akan membagikan tutorial cara menambahkan gambar ke dalam bingkai yang saya jamin akan sangat mudah untuk dipahami oleh sahabat Blografise semuanya! Yuk kita langsung simak tutorial yang sudah saya rangkum dibawah ini!

Cara Menambahkan Gambar Ke Dalam Bingkai di Clip Studio Paint (Untuk JPG dan PNG) - Lengkap

1. Buka aplikasi Clip Studio kalian terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Clip Studio Paint di Laptop/PC kalian. Dan pastikan pula kamu juga membuka lembar kerja baru/canvas di software Clip Studio Paint yaaa...!

membuka file baru clip studio paint
canvas di clip studio paint


2. Gunakan Frame Border Tool atau Import Frame Material

Setelah membuka lembar kerja baru, teman-teman bisa langsung mengklik tool frame atau menarik bingkai dari material di Clip Studio Paint. Setelah teman-teman memilih (sebagai contoh gambar dibawah menggunakan rectangle frame). Kalian bisa langsung membuat frame/bingkai ke dalam kertas di software Clip Studio Paint yaaa...!

cara membuat bingkai di clip studio paint
frame tool

3. Import Gambar Dengan Format JPG/PNG Yang Hendak Dimasukkan Ke Dalam Bingkai

Untuk mengimport gambar yang sudah jadi baik dengan format JPG/PNG ke dalam bingkai, maka terlebih dahulu kita klik File>Open dan pilih gambar yang akan kita masukkan ke bingkainya.

cara mengimport gambar baru di Clip Studio Paint
membuka gambar baru

Setelah kamu mengimport gambar ke dalam canvas Clip Studio Paint, kamu pasti bingung karena gambarnya ada di canvas yang berbeda kan? Nah... Ngga perlu panik ! Kamu melakukan langkah yang benar kok ! Kamu hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya yang akan saya jabarkan pada langkah ke empat.

4. Seleksi Gambar Yang Akan Dimasukkan Ke Dalam Bingkai

Pada langkah ini kita akan menggunakan selection tool untuk menyeleksi seluruh gambar yang sudah kita import sebelumnya. Kamu bisa menggunakan rectangle selection untuk menyeleksi seluruh gambar yang berformat JPG/PNG untuk kita pindahkan ke canvas bingkai. Disini teman-teman langsung klik Ctrl+C (Copy) dan kita lanjut ke langkah selanjutnya yaa...!

cara menyeleksi gambar pada layer
menyeleksi gambar pada layer

5. Pindahkan Gambar JPG/PNG ke Canvas Yang Ada Bingkainya

Langkah selanjutnya dari cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di clip studio paint  adalah menyalin atau mempaste gambar yang sudah kita seleksi pada langkah 4 ke canvas yang berisi bingkai.

Disini teman-teman bisa melihat bahwa gambar JPG/PNG tadi sudah berpindah ke dalam bingkai pada canvas bukan? Dan disini jika teman-teman melihat gambar tersebut terpotong, kalian tidak perlu cemas karena kita akan memperbaikinya di langkah yang ke enam dibawah ini.

cara menambahkan gambar yang sudah jadi ke clip studio paint
mengubah ukuran gambar

6. Sesuaikan Gambar JPG/PNG Dengan Ukuran Bingkai.

Agar gambar yang sudah kamu pindahkan/masukkan ke dalam bingkai tidak terpotong, maka kamu hanya perlu menekan CTRL+T dan klik kotak-kotak kecil yang ada di ujung gambar lalu gerakkan untuk memperbesar dan memperkecil gambar JPG/PNG yang telah di import. 

Selesai deh!!! Kalian sudah berhasil memasukkan gambar JPG/PNG ke dalam bingkai/Frame di clip studio paint.

tutorial cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di Clip Studio Paint
mengubah ukuran gambar

Jika kalian ingin memasukkan gambar JPG/PNG lainnya ke dalam bingkai/frame baru, kalian tinggal ulangi langkah yang sama dan dijamin deh, kalian akan mudah memahami serta mengingat tutorial cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di Clip Studio Paint ini.

tutorial cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di Clip Studio Paint
menambahkan bingkai baru

Itu sajalah tutorial cara menambahkan gambar ke dalam bingkai di Clip Studio Paint yang bisa admin blografise bagikan pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat Blografise dan jangan lupa untuk mengunjungi situs dan youtube channel Blografise untuk mendapatkan beragam tutorial tentang digital art yang dijamin akan membantu kamu untuk meningkatkan skill menggambar kamu.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini

Previous Post Next Post

Iklan

Iklan