-->

Iklan

6 Aplikasi Untuk Membuat Komik Line Webtoon

September 12, 2020
Aplikasi Menggambar Digital Untuk Komikus Line Webtoon
rekomendasi aplikasi untuk membuat webtoon


Komikus Webtoon merupakan profesi yang di incar oleh banyak kreator digital dan tentunya aplikasi membuat webtoon juga menjadi faktor yang mendukung juga. Hal ini karena Line Web toon sendiri memang sangat populer beberapa tahun kebelakang ini dan aplikasi untuk membuat webtoon bagi komikus pun semakin banyak diminati.

Bukan hanya pembaca saja yang semakin menjamur untuk membaca Line Webtoon, komikus webtoon Indonesia pun semakin eksis dan berlomba-lomba menciptakan karya digital komik terbaiknya. Penggunaan koin untuk membaca webtoon khusus pun membuat para komikus semakin giat lagi untuk menghasilkan karya terbaiknya. 

Webtoon Indonesia merupakan salah satu platform membaca komik yang ternama dan disukai berbagai kalangan baik oleh remaja dan orang dewasa. Jadi cukup wajar jika banyak komikus Indonesia yang saling berlomba di Webtoon Challenge agar bisa menjadi salah satu komikus resmi dari Line Webtoon.


Aplikasi Untuk Membuat Komik Line Webtoon Di Laptop dan Android


Pada rekomendasi kali ini kita akan membahas aplikasi/software yang bisa kamu gunakan untuk membuat komik baik di PC/Laptop maupun di hp android. Rekomendasi ini berlandaskan pada pengamatan saya saat melihat speedpaint yang di upload oleh para komikus line webtoon resmi dan challenge di berbagai sosial media. Yuk kita lihat bersama!


1. Clip Studio Paint / Manga Studio 

aplikasi untuk membuat webtoo clip studio paint
software clip studio paint



Komikus Line Webtoon Indonesia banyak yang menggunakan aplikasi/ software buatan Jepang ini karena memang Clip Studio Paint atau Manga Studio sangat juara untuk komikus dan ilustrator. Banyak tools yang memang di desain untuk memudahkan para komikus pada software ini termasuk komikus untuk Line Webtoon.

Karena Clip Studio Paint (CSP) ini memang diperuntukkan untuk kreator profesional, harga dari aplikasi atau software ini cukup mahal dan pernah saya bahas juga pada artikel saya sebelumnya. Namun tidak perlu khawatir, karena kamu bisa membeli software ini dengan harga potongan 50 % jika mengikuti tutorial atau sedang dalam jangka waktu event tertentu.

Selain bisa digunakan di PC/Laptop, Clip Studio Paint juga sudah merilis versi untuk iPhone dan iPadnya. Dan tidak lama lagi Clip Studio Paint versi android akan bisa kita gunakan yang diawali dengan menggandeng hp android merk Samsung dalam 6 bulan ke depan.


2. Paint Tool SAI

logo paint tool sai digital art
software paint tool sai


Aplikasi atau software kedua yang sering digunakan oleh komikus Line Webtoon adalah Paint Tool SAI. Komikus yang menggunakan software ini biasanya punya style yang smooth dan rada watercolor gitu. Software ini juga merupakan software yang bisa digunakan untuk menggambar komik digital dan juga berasal dari Jepang. Perbedaan Clip Studio Paint dan Paint Tool SAI adalah di hasil akhirnya yang menurut saya Paint Tool SAI lebih mantap di style ilustrasi dan Clip Studio Paint memberikan fasilitas lengkap untuk membuat komik.

Paint Tool SAI juga banyak sekali digunakan oleh komikus Line Webtoon dalam membuat karya mereka. Hasil karya yang sangat soft membuat mata kita pun di manjakan dengan visual dari penggunaan aplikasi/software menggambar di PC/Laptop ini.

3. Adobe Photoshop

menggambar dan desain dengan adobe photoshop logo
Adobe Photoshop Untuk Digital Art


Apakah kamu mengetahui bahwa software Adobe Photoshop bukan hanya digunakan untuk editing foto dan membuat desain tertentu saja? Bahkan komikus dan ilustrator luar negeri ternyata banyak yang menggunakan Adobe Photoshop untuk menggambar karya digital art mereka lho!

Dan bukan hanya bisa digunakan untuk membuat komik di line webtoon saja lho! Soft file dari hasil karya digital art Adobe Photoshop juga laku di banyak marketplace yang memperjual belikan karya digital contohnya seperti situs microstock.

Selain itu, Adobe Photoshop pun kerap dipakai oleh komikus untuk mengedit hasil karya mereka atau menambahkan detail tertentu pada webtoon mereka. Ada juga komikus yang menggunakan Adobe Photoshop untuk menambahkan efek dan juga teks percakapan.

4. Ibis Paint

membuat webtoon dengan ibis paint x android
Membuat webtoon dengan Ibis Paint


Ibis paint juga bisa kamu jadikan salah satu aplikasi yang mendukung kamu dalam pembuatan komik untuk lin webtoon lho! Bahkan di beberapa grup/komunitas komikus Indonesia, saya melihat ada author dari webtoon challenge yang membuat komik dengan modal hp dan jari saja. Tentunya kamu bisa sangat takjub bukan? Karena komikus tersebut pasti punya kesabaran dan skill keahlian yang luar biasa sehingga hasil karyanya pun bisa disaingkan dengan komikus yang menggunakan pen tablet.

Aplikasi Ibis Paint X ini memang dikhususkan untuk pengguna smartphone saja. Meskipun hanya bisa digunakan di Android/iPhone, Ibis Paint mempunyai fitur yang nggak kalah hebat dengan software menggambar digital art yang biasa digunakan di PC/Laptop.

5. Medibang Paint

medibang paint untuk pc, laptop dan android
medibang paint untuk digital art


Jika Ibis Paint hanya bisa digunakan di smartphone android/ios, maka Medibang adalah versi lengkap yang kamu cari selama ini. Yappp! Medibang bisa digunakan di smartphone dan juga di PC/Laptop kamu. Dan yang lebih keren lagi, aplikasi ini gratis dibandingkan dengan software menggambar digital art seperti clip studio paint, paint tool sai dan adobe photoshop.

Saya juga sudah sering menggambar menggunakan apikasi gratis ini dan hasilnya sangat memuaskan. Dan saya sempat juga menemukan beberapa komikus yang menggunakan aplikasi gratis ini untuk membuat webtoon mereka.

6. Krita

krita digital art dan animasi logo gratis untuk pc/laptop
Krita Gratis Untuk Komik dan Animasi


Aplikasi atau software menggambar digital untuk komikus line webtoon yang terakhir dan menjadi penutup artikel ini adalah Krita. Krita adalah software menggambar digital art yang bisa kamu gunakan secara gratis di PC/laptop kamu. Bahkan Krita juga bisa digunakan untuk membuat animasi lho! Secara fitur, aplikasi Krita ini bisa kita saingkan dengan Clip Studio Paint yang mempunyai fitur serupa.

Krita juga bisa digunakan untuk membuat ilustrasi yang sangat profesional dan menyediakan banyak template canvas untuk berbagai jenis komik. Aplikasi gratis ini bisa kamu jadikan andalan jika kamu masih kreator/komikus yang belum mempunyai budget besar untuk membeli software profesional lainnya.



Itulah rekomendasi 6 aplikasi/software untuk membuat komik yang bisa blografise bagikan untuk kamu calon komikus line webtoon resmi ! Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk terus berkarya tanpa terhalang dan tidak perlu kesulitan dalam menggunakan/memilih software yaa!

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel menarik serta bermanfaat lainnya seputar desain grafis dan digital art di Blografise yaa...! Jangan sungkan juga untuk mengunjungi Youtube Channel Blografise karena ada banyak tutorial desain grafis dan digital art yang sangat bermanfaat untuk diketahui.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post

Iklan