-->

Iklan

Tips Dan Tutorial Digital Art Mudah Untuk Pemula

June 26, 2020
Tips Dan Tutorial Digital Art Mudah Untuk Pemula



Tips Dan Tutorial Digital Art Mudah Untuk Pemula - Halo sahabat Blografise !!! Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan tutorial menarik yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya dan langkah-langkah apa yang seharusnya kamu ikuti jika ingin terjun menjadi kreator digital art.

Digital art semakin hari semakin digemari dan terbukti sangat laku dalam dunia bisnis. Karena saya merasa digital art ini mempunyai masa depan yang cerah, maka saya ajan berbagi tips dan tutorial yang akan sangat membantu untuk kamu yang masih pemula dengan digital art ini. Tips dan tutorial digital art untuk pemula yang saya rangkum ini lebih seperti pijakan agar kamu tahu arah dan tujuan kamu harus kemana.

Disini saya akan membuat beberapa tujuan yang mungkin ada di benak kamu saat akan memutuskan untuk menekuni digital art. Hobi, bisnis atau sekedar sebagai media untuk menyampaikan informasi untuk lembaga/organisasi non profit. 


Apa saja tips tutorial digital art yang mudah untuk pemula?

Tutorial digital art saat ini memang sudah banyak tersebar diseluruh sosial media yang diperuntukkan untuk pemula. Oleh karena itu disini kita akan lebih membahas hal-hal yang perlu kita lakukan sebelum memulai untuk mengerjakan suatu tutorial digital art. Hal ini akan sangat berguna dan mencegah kamu mengerjakan jutaan tutorial digital art tanpa tau tujuannya melakukan hal tersebut.

Jika kalian ingin belajar digital art seperti flat design, menggambar komik, dan digital art lainnya lengkap dengan penggunaan software, kalian bisa cari pada artikel yang ada beranda Blografise yaa.

Baca Juga: Tutorial Dasar Menggunakan Clip Studio Paint.

Beberapa tutorial digital art yang menurut saya menjadi landasan penting untuk kamu yang saat ini akan membuka pintu menuju dunia digital art. Jadi sebelum kalian memulai tutorial dasar dari digital art, ada baiknya kalian memiliki 5 dasar ini agar kalian tidak kesasar di kemudian hari.


A. Jenis digital art yang ingin kamu tekuni

Kalau kamu sudah memutuskan akan menekuni digital art, itu belum akhir dari keputusanmu. Mungkin saat kamu memilihnya seperti kamu membuka gerbang utama dari sebuah rumah atau mungkin istana. Di dalam gerbang tersebut masih banyak lagi ruang-ruang yang sesuai dengan tujuan kamu dan dalam hal ini adalah jenis dari digital art yang akan kamu tekuni tersebut.



Digital art terdiri dari painting, komik, flat design, tipografi, fotografi maupun logo/brand. Ya...! Digital art bukan sekedar tentang bakat bisa menggambar sesuatu layaknya kebanyakan tradisional art. Digital art adalah tentang mengkombinasikan kemampuan menggunakan software beserta perangkat digital dengan seni yang berasal dari pikiran kamu hingga menjadi sebuah karya digital.



Tips Dan Tutorial Digital Art Mudah Untuk Pemula
Beberapa contoh digital art karya saya di Instagram


Saran terbaik saya adalah... Jangan pernah melupakan atau melangkahi dasar dari jenis digital art yang ingin kamu tekuni. Kalau kamu melangkahinya, maka kamu akan stuck dan tidak memiliki fondasi yang kuat untuk menjadi digital artist yang profesional.


B. Tujuan kamu menekuni digital art

Jika kamu sudah mendapatkan jawaban jenis digital art mana yang ingin kamu kuasai, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan mengukir tujuan kamu menekuni digital art. Hal ini akan sangat penting untuk mencegah kamu terjebak dalam situasi "Kok gini-gini aja ngga ada kemajuan, kok rasanya ngga semangat lagi, kok jenuh ya, kok jadi ga jelas maunya apa dan gimana". 



Dengan adanya tujuan yang jelas, maka di setiap godaan yang ada kamu akan kembali mengingat tujuan kamu menekuni digital art. Kamu tidak akan goyah saat orang meremehkanmu ataupun saat kamu tidak yakin dengan dirimu sendiri.



C. Media yang kamu gunakan untuk membuat digital art

Namanya juga digital art, tentunya kita akan memanfaatkan teknologi dalam membuat sebuah karya seni digital. Kamu akan membuat digital art melalui media apa? Komputer, laptop, tablet maupun smartphone/hp. Kalau memakai komputer atau laptop pasti membutuhkan alat tambahan seperti pen tablet ataupun mouse. Jika menggunakan smartphone dan tablet tentunya menggunakan stylus pen atau kalau greget seperti saya yaaa... Pakai jari hehe.

D. Software yang sesuai untuk mendukung jalan kamu menuju 

Belum selesai disitu saja, jika sudah memutuskan kedua hal saya sebutkan pada huruf D, maka kamu harus memutuskan software atau aplikasi yang hendak kamu gunakan untuk membuat digital art. Misalnya untuk membuat komik, karakter atau ilustrasi di hp atau tablet kamu bisa memilih Ibis Paint, Autodesk Sketchbook, Medibang dan lain sebagainya. Sementara di komputer atau laptop ada Paint Tool SAI, Manga Studio / Clip Studio Paint, Adobe Photoshop, Medibang Paint, Art Rage dan lain-lain.


Software untuk flat design bisa menggunakan Adobe Illustrator ataupun Corel Draw yang sudah tidak diragukan lagi dan banyak digunakan oleh orang-orang.

Saya pernah mencoba membuat digital art typografi dengan menggunakan Adobe Illustrator. Dan software yang satu ini menurut saya sangat cerah masa depannya di dunia marketing serta bernilai rupiah yang sangat menjanjikan jika kamu serius menekuninya.


E. Digital artist atau seniman digital yang kamu sukai

Hal yang terakhir ini juga tidak kalah penting dengan ke empat tips sebelumnya. Kalau saya menjadikan point ini sebagai tantangan / challenge agar pantang menyerah untuk melangkah menjadi digital artist profesional. 

Mempunyai sosok yang menjadi inspirasi bukan melulu tentang meniru sedetailnya karya dari digital artist atau seniman digital tersebut. Tapi lebih seperti "Aku sangat suka digital artist ini, aku harus berusaha hingga karyaku bisa sebagus mereka!"
Ada banyak style yang bisa kamu jadikan inspirasi dari digital artist favorit mu misalnya dia ahli dalam menggunakan style watercolor, style anime, style realistis dan lain sebagainya.



LOH... MANA TUTORIALNYA? Tenang... Tenang... Karena digital art itu sangat luas, maka disini saya memberikan tangga atau peta yang harus kalian lalui sebelum membuat sebuah digital art.

Judulnya tidak klik bait kok, karena jika kalian sudah mantap dengan kelima hal ini maka kalian bisa mencari tutorial dasar yang sudah banyak saya buat di blog Blografise ini. Menurut saya bahkan jika kelima hal ini sudah jelas kamu putuskan maka kamu tidak akan kesulitan belajar tutorial apapun tentang digital art yang hendak kamu kuasai. 

Ya sekian saja saran serta tips tutorial digital art untuk pemula dari saya agar kamu yang pemula dapat menguasai digital art dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan mudah menyerah yaaa...!

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan