Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Manga Studio / Clip Studio Paint versi EX dan PRO

Perbedaan Manga Studio / Clip Studio Paint versi EX dan PRO


Perbedaan clip studio paint versi EX dan PRO - Halo sahabat Blografise semuanya. Disini kita akan membahas perbedaan Manga Studio atau Clip Studio Paint EX dan Pro. Manga Studio ini adalah versi sebelumnya dari Clip Studio Paint jadi kurang lebih sama. Sebelumnya kita lanjut ke pembahasan, karena dampak virus Covid 19 ini, banyak orang di negara kita yang di phk atau dirumahkan sehingga tidak mempunyai penghasilan dan banting stir untuk berjualan atau menjadi freelancer. Kalau kalian merupakan bagian dari orang-orang tersebut, saya hanya bisa memberikan kata semangat untuk kalian dan semoga kerja keras yang kalian laksanakan saat ini akan segera membuahkan hasil.

Pada artikel terbaru saya ini kita akan membahas tentang perbedaan software Clip Studio Paint atau Manga Studio yang versi EX dan juga versi PRO. Kalau kalian sedang membaca artikel ini saya sangat mengapresiasi kalian karena hal ini mengartikan bahwa kalian sedang berpikir dan kebingungan untuk membeli software berlisensi resmi Clip Studio Paint Atau Manga Studio bukan?

Perbedaan versi pada software Clip Studio Paint Ini sangat penting dan wajib untuk kamu ketahui terlebih dahulu sebelum membelinya. Dan hal ini dapat sangat bermanfaat agar kamu mengetahui versi mana yang cocok dengan skill atau hobi kamu sehingga fiturnya dapat kamu gunakan dengan optimal.

Apa Saja Perbedaan Manga Studio / Clip Studio Paint versi EX dan PRO?


A. Harga

Hal pertama yang muncul di benak saya dan juga pertanyaan bagia kalian yang penasaran tentu harga dari software ini. Nah... Harga ini sangat berkaitan dengan fitur dari versi Clip Studio Paint ataupun Manga Studio kalian. Dan saya akan memberikan informasi yang sangat detail terkait harga ini sebagai bahan pertimbangan kalian. 

Clip Studio Paint mempunyai 3 cara yang bisa digunakan untuk membayar lisensi yaitu one-time purchase, tahunan dan bulanan. Dan kita akan memulai dengan harga lisensi yang paling mahal terlebih dahulu hehe.

Kalau mau alternatif software Clip Studio Paint untuk kalian yang masih menabung serta kekurangan dana karena anak kosan seperti saya hehe. Ini ada software gratisan dan LEGAL yang bisa mengganti Clip Studio Paint atau Manga Studio di Software Menggambar Gratis di PC/Laptop. 

Versi Pro dari software ini dengan metode one-time purchase adalah sebesar 49.99 USD (sekitar 700 ribuan Rupiah) sementara versi EX harganya sebesar 219 USD (sekitar 3 jutaan Rupiah). Nah... Itu versi beli sekali dan lisensi seumur hidup yaa jadi agak mahal. 


Pembayaran lisensi tahunan versi PRO sendiri harganya adalah 24.99 USD (sekitar 350 ribuan Rupiah) pertahunnya. Dan Clip Studio Paint Versi EX adalah sebesar 71.99 USD (sekitar 1 jutaan Rupiah) pertahunnya.

Lalu bagaimana dengan harga dengan metode pembayaran secara bulanan? Untuk 1 device/perangkat di software Clip Studio Paint versi PRO adalah sebesar 4.49 USD (sekitar 63 ribuan rupiah) setiap bulannya dan versi EX adalah sebesar 8.99 USD (sekitar 130  ribuan rupiah) setiap bulannya. Dan pada pembelian pertama versi bayar perbulan ini kalian akan mendapatkan gratis 3 bulan pemakaian selain dari yang sudah kalian bayarkan.

Sedikit saran dan rekomendasi dari saya, kalau kamu sangat ingin software resmi dari Clip Studio Paint maka tabung terlebih dahulu uangnya untuk membeli one time-purchase nya daripada harus membayar per-setiap bulannya. Lalu tunggu harga promo atau event tertentu saja, karena kalau ada event maka kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% (contohnya pada gambar dibawah ini) dan kamu akan menghemat sangat banyak karena lisensi sekali bayar seumur hidup ini biasanya sangat mahal. 

Perbedaan Manga Studio / Clip Studio Paint versi EX dan PRO
Clipstudio.net/en/purchase

Nah... Kamu bisa lihat kan betapa menguntungkannya jika kamu membeli software Clip Studio Paint saat sedang promo atau event tertentu. Dan ini one time purchase dari versi PRO yang harga aslinya 49.99 USD (sekitar 700 ribuan rupiah) menjadi 25.00 USD (sekitar 350 ribuan rupiah). Sementara versi EX yang awalnya 219 USD (sekitar 3 jutaan rupiah)  menjadi 109 USD (sekitar 1,5 jutaan rupiah). 

B. Fitur

Setelah panjang lebar membahas harga, kita beralih ke fitur dari Clip Studio Paint ini.

- Fitur Yang Disediakan Clip Studio Paint Versi PRO
  • Untuk membuat komik
  • Untuk membuat ilustrasi
  • Hanya bisa mengerjakan satu Halaman
  • Gif atau animasi pendek hanya bise berjumlah 24 frame saja (kalau tidak salah hanya beberapa detik saja)
  • Mengekspor dan mencetak hasil karya per 1 halaman saja
  • Menyediakan model 3 dimensi dan menggambar pola atau pattern namun tidak bisa mengubah model 3 dimensi menjadi garis
  • Pen dan kuas dapat dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan kalian
  • Mendapatkan lebih dari 1.000 kuas yang dapat diunduh secara gratis beserta material lainnya.
  • Mendukung format PSD, layer vector, bisa RGB maupun CMYK serta bisa digunakan di Windows atau MacOS.



-Fitur Yang Disediakan Clip Studio Paint Versi EX
  • Untuk Membuat Komik atau Manga
  • Untuk Membuat Ilustrasi
  • Bisa menggunakan multi halaman untuk mengerjakan karya
  • Frame tidak dibatasi (unlimited) dan bisa untuk membuat animasi profesional
  • Bisa mengekspor dan mencetak hasil karya lebih dari 1 halaman / multi halaman
  • Menyediakan model 3 dimensi dan menggambar pola atau pattern dan dapat mengubah model 3 dimensi menjadi garis ataupun titik-titik shading atau bayangan dari model 3D nya
  • Pen dan kuas dapat dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan kalian.
  • Mendapatkan lebih dari 1.000 kuas yang dapat diunduh secara gratis beserta material lainnya.
  • Mendukung format PSD, layer vector, bisa RGB maupun CMYK serta bisa digunakan di Windows atau MacOS.

Kalau menurut saya sih, versi EX lebih mahal dari versi PRO karena kegunaannya ditujukan untuk kreator profesional dan sudah mempunyai penghasilan yang besar pula sehingga dengan harga segitu pun para kreator tidak akan merasa keberatan karena fiturnya sangat mempermudah pekerjaan mereka.

Namun... Banyak pemula yang langsung terjun menggunakan Clip Studio Paint EX tanpa tahu tujuan dan kegunaannya bahkan secara illegal yaitu meng-crack software tersebut. Dan banyak juga yang mungkin enggan membeli lisensi resmi karena  harganya mahal, padahal bisa beli versi bulanannya yang harganya cukup terjangkau.


Semoga bermanfaat dan hindari software crack yaa. Baca juga artikel lainnya di blog ini yang pastinya bermanfaat dan menambah ilmu seputar design grafis dan menggambar secara digital.


1 comment for "Perbedaan Manga Studio / Clip Studio Paint versi EX dan PRO"

  1. makasih banget min, membantu saya yang ingin beli lisensi csp orinya

    ReplyDelete

Berlangganan via Email