Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Alasan Font Comic Sans Dibenci Oleh Banyak Desainer

Alasan Font Comic Sans Dibenci oleh banyak orang atau desainer


Alasan Font Comic Sans Dibenci Oleh Banyak Desainer - Halo sahabat Blografise!!! Pada artikel ini kita akan membahas hal yang umum dijadikan meme oleh banyak desainer baik di dalam maupun di luar negeri yaitu font typeface Comic Sans. 

Comic Sans sangat dikenal oleh banyak orang dan dari segala kalangan karena font ini bawaan yang ada pada Microsoft. Bukan hanya desainer grafis, orang-orang yang tidak mengerti tentang desain pun sangat sering menggunakan typeface Comic Sans ini. Bahkan dulu pernah ada komunitas "Ban Comic Sans" akibat dari rasa jengkel dan muaknya desainer grafis akan maraknya font ini.

Sebelum kita membahas alasan font dengan typeface Comic Sans ini banyak dibenci oleh desainer, kita kenalan dulu yuk dengan typeface yang satu ini.


Baca Juga: Menghasilkan Ratusan Hingga Ribuan Dollar dari Jual Logo di Situs Ini

Comic Sans ini dirancang oleh seorang tipografer yakni Vincent Connare yang pada saat itu masih bekerja bersama tim tipografi Microsoft. Ide awal Vincent adalah membuat font dengan style komik dan ia pun merasa sangat asik saat membuat font ini.


Comic Sans yang temanya merupakan huruf yang menggambarkan hal menyenangkan ini awalnya dibuat untuk program pada Windows Bob. Setelah melalui perjalanan yang panjang akhirnya Comic Sans menjadi salah satu font yang ada pada Windows 95. Vincent sendiri juga mengatakan bahwa pada saat itu Comic Sans bahkan digunakan untuk mengirim email di bagian administrasi perusahaan tersebut.



Kenapa Font Comic Sans Dibenci Oleh Banyak Desainer?

Menurut sejarah singkat Comic Sans yang saya jelaskan di atas, apa kamu sudah mengetahui alasan typeface Comic Sans ini dibenci? Ya...!!! Inilah beberapa hal yang menjadi alasan Font Comic Sans dibenci oleh banyak desainer.
  1. Sering disalahgunakan untuk penulisan dokumen/surat resmi dan sering ditemukan di lembaga resmi.
  2. Disebut sebagai font yang tidak berkelas.
  3. Terlalu sering digunakan oleh orang yang awam tentang penggunaan Comic Sans.
  4. Karena kreatifitas adalah kunci dari desainer, harusnya ada lebih banyak font lain yang bisa digunakan oleh desainer grafis.
  5. Terkesan kekanakan.


Overused memang menjadi alasan utama dibencinya font Comic Sans oleh para desainer grafis. Hal ini karena Comic Sans tidak menciptakan kesan yang elegan maupun resmi yang jika kita melihat trend saat ini, desainer grafis berlomba-lomba membuat desain yang sederhana, elegan dan bisa digunakan dalam segala bidang dan semua hal itu sangat berbanding terbalik dengan font Comic Sans.


Lantas... Pantaskah Comic Sans Ini Dibenci?

Menurut saya tentu tidak...! Selama font Comic Sans ini digunakan di tempat yang semestinya seperti di komik ataupun karya yang ditujukan untuk anak-anak. Hal ini mengingat font Comic Sans memiliki yang menyenangkan dan santai sehingga akan sangat cocok jika disandingkan dengan karya seperti komik maupun buku anak-anak. Dan tentunya penggunaan font Comic Sans ini jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang sifatnya resmi, apalagi oleh kamu yang ingin menjadi desainer. 

Itu saja yang bisa saya sampaikan seputar alasan font Comic Sans dibenci oleh banyak desainer grafis. Mungkin saja artikel ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang masih pemula dan akan terjun ke dunia desainer grafis profesional. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Alasan Font Comic Sans Dibenci Oleh Banyak Desainer"

Berlangganan via Email