Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Apa Itu Silent Comic dan Keunggulannya Bagi Komikus


Mengenal Silent Comic dan Keunggulannya


Mengenal Apa Itu Silent Comic dan Keunggulannya - Halo sahabat Blografise! Pada artikel ini saya akan berbagi pengetahuan tentang salah satu jenis komik yang saya suka yaitu silent comic.

Silent Comic memang semakin tambah populer seiring berjalannya waktu. Bukan tidak mungkin jika kamu tidak mengetahui istilah silent comic namun  kamu pernah membaca karya-karya yang merupakan silent comic itu sendiri.

Silent comic jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sering disebut komik bisu. Bukan dalam artian ada salah satu tokohnya bisu, namun komik jenis ini sama sekali tidak memiliki teks percakapan dan juga narasi yang umumnya ada di dalam komik.

Baca Juga: Jangan Pernah Memulai Proyek Desain Tanpa Uang Muka

Kalau kamu berpikir bahwa jenis silent comic ini tidak menarik maka kamu salah besar. Kalau saya pribadi sungguh sangat terpukau oleh karya-karya berjenis silent comic yang genrenya thriller, horror maupun heartwarming (menyentuh). 

Loh kok bisa? Kan tidak ada teks percakapan dan narasi yang bisa membuat saya hanyut dalam cerita? Justru disitulah letak keunggulan silent comic ini. Silent comic mengandalkan suasana dan nilai yang bisa kita rasakan tanpa harus ada teks tertentu untuk menjelaskan apa yang terjadi. Bahkan kalau di genre horror dan thriller, silent comic dapat membuat kita merasakan suasana mencekam hanya dengan melalui gambar. Bahkan kebanyakan silent comic memiliki plot twist yang bisa membuat kita speechless alias tidak bisa berkata apa-apa karena out of the box.

Silent Comic dengan genre horror dan thriller yang sering saya baca adalah karya K.S yang mampu membuat kita takjub walaupun karyanya hanya berwarna hitam putih saja. Kalian bisa melihat karyanya yang luar biasa seram di Instagram maupun facebook dengan nama silent horror tapi khusus kamu yang sudah berusia 18+ yaa.,

Selain itu, saya juga senang membaca silent comic dari beberapa platform digital seperti webtoon yang terdapat beberapa karya silent comic dengan genre horror maupun heartwarming. Karya silent comic dari komikus asal Indonesia yang saya suka karena penuh makna adalah komik yang berjudul "Bingkai Titik". Sebenarnya masih banyak lagi silent comic yang bagus, bahkan ada komikus yang membagikan karyanya melalui facebook. Hanya saja saya tidak mengingat semuanya saat menulis artikel ini.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Negative Space dalam Desain Grafis

Kebanyakan silent comic hanya berupa komik singkat saja dan jarang rasanya menemukan silent comic yang terdiri dari ratusan episode. Saya sangat takjub dengan silent comic yang hanya terdiri dari 6 panel komik namun kita bisa menangkap rasa sedih, takut, seram maupun menyentuh hati melalui alur yang singkat itu.

Lalu apa saja keuntungan jika kamu membuat silent comic? Menurut saya komik sejenis ini bisa menjadi alternatif jika kamu bercita-cita menjadi komikus namun kamu tidak lihai membuat percakapan untuk karakter kamu. Selain itu kamu bisa membagikan karya kamu ke seluruh dunia tanpa harus bersusah payah menerjemahkan karena kamu hanya perlu memaksimalkan efek, suasana, ekspresi dan tempat agar pembaca dapat memahami isi komik kamu dengan baik.

Tentu saja tidak ada hal yang mudah di dunia ini. Jadi meskipun silent comic tidak mempunyai teks percakapan, tentu tidak langsung membuat kamu bisa membuat silent comic dengan mudah. Pastinya kamu harus lebih unggul dari komik lainnya yang memiliki teks percakapan dan juga narasi di dalamnya agar pembaca bisa memahami maksud maupun alur dari cerita dalam komik kamu.

Baca Juga: Tutorial Dasar Menggunakan Clip Studio Paint

Sekian saja sesi sharing saya pada hari ini. Sebenarnya saya juga lagi melakukan riset dan sedang membuat silent comic. Entah kenapa saya berpikir jika niat saya untuk membuat silent comic bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman yang ingin membuat komik tapi bingung karena tidak lihat membuat percakapan dan narasinya. Kalau saya sendiri sih... Ingin membuat silent comic agar karya saya juga bisa dibaca oleh orang lain di berbagai negara hehe.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu silent comic bukan?

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Silent Comic dan Keunggulannya Bagi Komikus"

Berlangganan via Email