-->

Iklan

Mengenal Flat Design dan Alasan Kepopulerannya

May 12, 2020
Mengenal Flat Design dan Alasan Kepopulerannya


Mengenal Flat Design dan Alasan Kepopulerannya - Halo sahabat Blografise!! Senang rasanya kalian senantiasa hadir di setiap artikel pada blog ini.

Apakah kamu mengenal flat design? Iya..! Flat design yang seiring berjalannya waktu semakin digemari dan juga banyak digunakan untuk kebutuhan marketing! Kenapa sih style yang satu ini sangat banyak peminatnya padahal kesannya biasa saja?

Jadi ada beberapa alasan yang membuat flat design semakin populer dan bahkan saat ini karya flat design bertebaran hampir di setiap tempat yang kamu kunjungi atau kamu lihat di setiap kali kamu membuka sosial media.

1. Sederhana dan Minimalis.

Tidak seperti desain lainnya yang mempunya beragam warna mencolok dan bentuk yang detail, flat desain sangat unggul dengan kesedeharnaannya. Mulai dari warna yang soft, umumnya tidak menambahkan detail-detail seperti efek bayangan maupun cahaya. Pokoknya, saat melihat flat desain, kedua mata kita serasa dimanjakan  dengan warna yang lembut dan bentuk yang sangat sederhana. 

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Negative Space dalam Design Grafis

Misalnya, jika membuat flat design berbentuk orang maka cukup membuat bentuk yang jika orang melihatnya, orang tahu itu kaki, tangan, kepala tanpa harus memuat detail bentuk lutut atau jari-jari tangan. Kemudian warna kulit/ rambut yang bisa menyimpang dari warna kulit pada umumnya. Kalian bisa melihat contoh karakter flat design pada gambar diatas. Walaupun bentuknya tidak sedetail bentuk orang pada komik atau patung, namun begitu kita melihatnya kita dapat langsung mengetahui bahwa desain tersebut layaknya seorang manusia. Walaupun warna kulitnya biru, merah atau ungu, kalian tetap yakin itu adalah manusia dan bukan desain hewan atau benda.

Kalian bisa melihat contohnya melalui gambar yang saya screenshot dari google image dibawah ini.




Bagaimana dengan pemandangan? Apa ada karya digital yang menggunakan flat design untuk style dalam membuat pemandangan? Jawabannya sangat banyak bertebaran di berbagai situs yang menjual vector flat design.


Bahkan banyak logo dari produk atau sosial media terkenal mengubah logo mereka menggunakan style flat design ini seperti pinterest, instagram, facebook, microsoft, google, twitter dan masih banyak lagi.

2. Cara membuat yang mudah.


Dalam membuat sebuah karya flat design, kamu tidak membutuhkan keahlian menggambar melainkan menggunakan daya imajinasi dan penggunaan shape saja. Ya...!!! Dengan modal shape tool baik yang bulat, segitiga, pentagon atau persegi kamu sudah bisa membuat flat design dengan mudah. Kecuali kamu sudah profesional dan sudah mahir menggunakan pen tool maka kamu bisa memadukan shape tool dan pen tool baik di Adobe Illustrator, Corel Draw atau software desain lainnya.

Seperti contoh kedua gambar diatas, gunung dibuat dengan ellipse tool atau star tool, matahari dan awan dengan ellipse tool dan bentuk lainnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Bunga Sederhana di Adobe Illustrator

Jika pada flat design karakter, kita dapat menggunakan ellipse atau rectangle tool untuk mata, mulut, telinga dan tangan. Kemudian hidung yang bisa dibentuk dengan shape yang berbentuk segitiga dan sebagainya.


3. Modern dan Kekinian.

Melihat trend desain pada saat ini tentu kita bisa melihat bagaimana banyaknya perusahaan besar yang mengubah logo mereka menjadi flat design agar tampak kekinian, modern dan tidak ketinggalan zaman. Desain yang sederhana namun memuat banyak arti dari bentuknya menjadikan flat design semakin banyak diminati baik oleh klien maupun oleh desainer grafis. Selain itu pada desain sebuah logo, warna yang sedikit dan bentuk simple yang digunakan terkesan cocok pada setiap produk jika di aplikasikan dan mudah di ingat oleh orang-orang pada umumnya.

4. User Friendly Design.

Alasan populernya flat design yang terakhir menurut pandangan saya adalah desain yang ramah pengguna. Karena saat ini teknologi dan internet sangat berkembang pesar, maka UI (User Interface) dan UX (User Experience) pun kian marak memenuhi setiap aplikasi smartphone kamu maupun kebanyakan situs website yang kamu kunjungi. Dan desain yang digunakan untuk menciptakan UI/UX yang ramah pengguna pada saat ini adalah dengan menggunakan flat design.

Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Warna Mockup Desain Baju di Adobe Photoshop

Kurang lebih, begitulah pandangan saya saat saya mempelajari untuk mengenal flat design dan alasan kepopuleranya. Saya rasa memiliki skill bisa menciptakan flat design adalah suatu aset berharga yang dapat kamu gunakan di masa depan dan patut untuk kamu perjuangkan serta dimulai sedini mungkin.

Itu saja penjelasan pada artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya dan jangan lupa kunjungi artikel bermanfaat lainnya di blog ini.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan