Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Reference Layer di Clip Studio Paint dan Manga Studio

Cara Menggunakan Reference Layer Clip Studio Paint dan Manga Studio


Cara Menggunakan Reference Layer di Clip Studio Paint dan Manga Studio - Halo sahabat Blografise dimanapun kalian berada saat ini. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial tentang tips di software menggambar digital yaitu Clip Studio Paint atau Manga Studio.

Apakah kalian tahu fungsi dan kegunaan Reference Layer di Clip Studio Paint/Manga Studio?

Fungsi dan kegunaan dari penggunaan reference layer di software Clip Studio Paint/Manga Studio adalah untuk mempermudah kita saat mewarnai hasil sketsa kita. Nah reference layer ini mencegah warna melewati batas garis dari lineart sketsa kita. Penggunaan reference layer sangat penting saat kita menggambar detail yang berukuran mini/kecil seperti ujung rambut atau membatasi warna antara kulit dan pakaian serta untuk memisahkan banyak warna lainnya.


Kegunaan Reference layer di Clip Studio Paint atau Manga Studio


Pada gambar yang saya tunjukkan ada dua warna yang berada di dalam garis lineart dan ada yang berada diluar lineart. Jadi fungsi dari reference layer ini adalah mencegah warna yang melewati lineart saat kamu menggunakan brush tool, pen/pencil tool maupun tool lainnya saat kamu perlu mewarna bagian detail yang jaraknya dekat dengan objek lain. Seperti gambar diatas, saat kamu mewarnai di dalam lineart maka warnanya tidak keluar dari lineart lingkaran sementara jika kita mewarnai dari luar lingkaran, warnanya tidak berantakan masuk kedalam lingkaran.

Bagaimana Cara Menggunakan Reference Layer di Clip Studio Paint dan Manga Studio?

Untuk menggunakan fungsi dari reference layer ini maka kamu harus mengikuti langkah berikut ini:

1. Pada menu Layer pilih layer sketsa/lineart yang hendak kamu jadikan reference layer. Kemudian klik icon reference layer yang tampak seperti menara/mercusuar.


Cara Menggunakan Reference Layer Clip Studio Paint dan Manga Studio

2. Tambahkan layer baru dibawah layer yang sudah disetting menjadi reference layer.
3. Pilih alat yang hendak kamu gunakan untuk mewarnai lineart. Contohnya pencil tool, pen tool atau brush tool.
4. Pilih icon yang tampak seperti alat perkakas pada bagian tool property. Maaf saya lupa namanya hehe.



Cara Menggunakan Reference Layer Clip Studio Paint dan Manga Studio

5. Setelah menu Tool Setting muncul, pilih Anti-Overflow lalu ceklis bagian "Do not exceed line of reference layer". Atur bagian color margin sesuka hati agar kamu bisa mengatur seberapa jauh jarak penghapusan warna dari lineart. 

Cara Menggunakan Reference Layer Clip Studio Paint dan Manga Studio


6. Kembali ke layer coloring yang ada dibawah reference layer dan mulailah mewarnai bagian dekat garis lineart dengan tool yang kamu suka dan rasakan manfaatnya.
Bagi saya Reference Layer ini sangat bermanfaat untuk menggambar area yang kecil, sempit dan detail sehingga memudahkan saya tanpa harus khawatir jika saat saya mewarnai akan keluar dari garis lineart.

Kalau kalian masih bingung boleh melihat video penjelasan saya di Channel Youtube Blografise pada link ini Cara Menggunakan Reference Layer di Manga Studio atau Clip Studio Paint.

Nah itulah sedikit tips dan tutorial mewarnai menggunakan software clip studio paint atau manga studio dengan reference layer. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya yaa! 

Ingat!!! Jangan lelah untuk berlatih!!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Reference Layer di Clip Studio Paint dan Manga Studio"

Berlangganan via Email