-->

Iklan

Jangan Pernah Memulai Proyek Desain Tanpa Uang Muka!!

April 18, 2020
Pentingnya Uang Muka Dalam Desain Grafis


Jangan Pernah Memulai Proyek Desain Tanpa Uang Muka - Halo sahabat Blografise baik yang senantiasa menjadi pengunjung setia blog ini, pendatang baru maupun kalian yang kesasar di blog ini hehe. Artikel kali ini merupakan hasil analis dan pendapat saya yang diambil dari berbagai sumber baik dari teman, pelatih saya, maupun desainer profesional yang terkenal di Indonesia.

Sebagai desainer hal yang harus kamu ingat selamanya adalah jangan pernah memulai suatu proyek desain tanpa uang muka! Ini adalah hal yang sangat penting terlebih jika kamu adalah pemula di bidang desain grafis dan ingin menjual jasa di berbagai platform media online.

Uang muka atau DP harus menjadi syarat wajib untuk kamu dalam menawarkan jasa di bidang desain. Hal ini merupakan cara terbaik agar kamu dapat terhindar dari segala macam penipuan dari client yang iseng atau tidak serius.
Apa saja kerugian jika kamu memulai proyek desain tanpa uang muka atau DP? Menurut saya, hal-hal berikut ini dapat terjadi jika kamu menghilangkan syarat uang muka/dp di proyek kamu dan jika kamu memberikan hasil karya tanpa biaya pelunasan atas desain yang telah kamu buat:

1. Kamu tidak mendapatkan bayaran atas ide kamu.
2. Kamu hanya membuang waktu tanpa hasil apapun.
3. Tenaga yang begitu banyak untuk membuat suatu karya d.esain
4. Bukannya senang, kamu malah akan sangat emosi karena ditipu oleh klien kamu.
5. Ide/Karya kamu bisa di plagiat oleh klien.

Hal diatas sangat mungkin terjadi dan tidak boleh kamu sepelekan! Sebagai pemula kita tentu sangat senang/excited saat proyek kita ada kliennya dan terkadang sangking senangnya kita jadi terlalu percaya kepada klien dan mengabaikan syarat uang muka bahkan langsung memberi hasil karya tanpa pelunasan. 

Baca Juga: Rekomendasi Website Untuk Mencari Inspirasi Paduan Warna

Untuk menghindari hal-hal yang mungkin terjadi karena kita tidak mewajibkan uang muka dalam proyek desain, kita harus membuat kesepakatan saat pertama kali membahas tentang proyek desain. Kalau kamu niat, kamu bisa juga mencetak kertas mengenai kesepakatan serta biaya uang muka serta biaya pelunasan yang harus dibayar terlebih dahulu agar kamu dapat mengirimkan hasil kepada klien.

Oh iya, belum lama ini saya juga melihat kasus proyek desain yang tidak dibayar dan malah di plagiat oleh kliennya di channel youtube Rio Purba. Tidak main-main, animator yang mengerjakan proyek untuk rapper yang diduga asal Amerika tersebut membuat si animator rugi $500. Padahal si animator hanya mengirimkan video dengan watermark sebelum pelunasan dan orang yang menipu tersebut menggunakannya untuk MV (music video) dari musik rap buatannya yang diupload di official channel youtube rapper tersebut. Untungnya berkat kekuatan netizen Indonesia yang melaporkan konten tersebut, MV yang isinya animasi buatan animator asal Indonesia (IG: @brukoout) sudah di takedown oleh Youtube.

Mungkin itu sajalah pandangan saya mengenai pentingnya uang muka dalam proyek desain serta pentingnya pelunasan sebelum kita menyerahkan hasil karya kita walaupun dengan watermark. Kalau bisa previewnya rekam pakai kamera hp saja dan jangan pernah mengirimkan hasil final tanpa bayaran penuh dari klien.

Baca Juga: Mengenal Pentinya Negative Space dalam Desain Grafis

Jangan lupa mengunjungi artikel lainnya di blog ini yang bermanfaat dan penuh informasi tentang dunia desain grafis dan menggambar digital yaa.




This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan