-->

Iklan

Edit Foto Gratis dan Online dengan Pixlr X

February 03, 2020

Apa kamu bernasib sama seperti admin? Rasanya ingin terus berkarya tetapi karena laptop admin juga sudah sangat tua, jadi tidak sanggup membuka aplikasi desain lagi. Rasanya untuk sekedar membuat desain sederhana pun jadi enggan karena butuh loading yang lama. 

Untuk sekedar membuka Photoshop saja, laptop admin sudah tak mampu. Setiap mengklik pasti loading atau not responding. Tapi admin masih menggunakan laptop semata wayang ini karena setidaknya masih berfungsi sangat baik di Clip Studio Paint atau Paint Tool Sai.


Jadi... Beberapa bulan kebelakang ini, admin menggunakan Pixlr X untuk mengedit dan ngedesain semua gambar postingan admin. Pixlr  X ini cukup ringan digunakan dan tampilannya mudah dipahami untuk pemula sekalipun. Bahkan untuk menyimpan hasil karya kita juga sangat mudah dan cepat.


Ada banyak fitur yang cukup memuaskan jiwa berkreasi admin di situs yang satu ini. Selain gratis, Pixlr x ini juga menyediakan fitur yang sangat bagus seperti layer, font yang beragam, souce gambar HD, efek foto, filter dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara menggunakan Photo Editor online ini? 

Kamu dapat mengunjungi situs https://pixlr.com/x/ dan nantinya akan ada 3 tampilan yaitu History, Create New dan Stock Search. History ini nantinya akan menyimpan seluruh hasil karya yang pernah kamu edit disana, tenang saja, kamu dapat bebas menghapusnya. 


Untuk membuat desain sederhana seperti thumbnail di postingan blog ini cukup mudah. Kamu dapat memilih create new jika kamu punya latar yang kamu simpan di komputer kamu latar berwarna polos.  Dan pilih Stock search jika kamu ingin menggunakan gambar yang disediakan oleh situs tersebut untuk latar desain kamu.


Ada beragam ukuran yang ditawarkan untuk kebutuhan upload di sosial media dan kamu tetap bisa mengatur ukuran sesuai yang kamu inginkan juga dengan skala ukuran maksimal 4096 x 4096 px. Pada gambar dibawah ini ada pilihan mengaktifkan background atau tidak. Jika kamu tidak mengaktifkannya maka saat kamu mendesain nanti, latarnya akan transparan. Namun jika kamu aktifkan, kamu dapat memilih warna polos untuk latar editing kamu.


Stock search dapat kamu gunakan untuk mencari latar gambar estetik yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kamu cukup mengetik keyword tema dari desain kamu, maka Pixlr X akan menampilkan hasil foto yang sesuai dengan keyword kamu. Jika kamu sudah menemukan gambar yang cocok, kamu tinggal memilih ukuran gambar yang kamu inginkan. Bisa dikatakan, fitur ini sangat praktis dan memudahkan kita untuk tidak perlu repot-repot mencari sumber gambar di website lain.


Fitur properties dapat me-resize image, mengatur ukuran kanvas gambar, rotasi dan efek cermin pada gambar.



Selanjutnya ada arrange untuk memindahkan object atau gambar agar lebih rapi dan ada fitur crop nya juga. Pada ikon ke empat seperti gambar dibawah ini, ada fitur cutout dan magic cutout yang dapat menghapus otomatis daerah yang kamu seleksi dan memiliki warna yang sama. 


Adjust merupakan fitur yang sangat penting untuk membuat efek foto tampak lebih keren lagi. Di fitur ini, kamu dapat juga mengubah gambar menjadi warna hitam putih dan juga invert warna pada gambar. Ada banyak hal yang dapat kamu setting di fitur ini dan semua itu gratis!




Kemudian ada Filter yang kurang lebih dapat kamu setting sesuka hati seperti setting Adjust diatas.



Selanjutnya ada Effect yang dapat mengubah foto kamu secara otomatis. Kamu cukup memilih efek yang kamu inginkan pada sampel gambar yang Pixlr X tunjukkan.



Liquify ini juga bagus untuk kebutuhan editing foto. Admin tidak bisa mendeskripsikan efeknya seperti apa, tapi kalau kalian coba, efek ini cukup banyak digunakan pada edit foto. 



Kemudian ada Retouch yang berfungsi menghapus, blur, atau memindahkan object yang mengganggu atau tidak kita inginkan ada di gambar tersebut. 


Ada juga fitur Draw yang terdiri dari brush tool, eraser tool, pen tool dan shape tool.


Add Element juga terdiri dari Overlay, Border, Shape dan Sticker yang bisa kamu masukkan ke dalam gambar kamu. Oh iya, ada banyak sekali font yang dapat kamu gunakan saat menambahkan teks pada gambar di Pixlr X. Ada juga efek outline font, bayangan, dan latar yang berwarna untuk teks.



Kamu juga bisa memasukkan gambar tambahan dari situs ini atau dari PC kamu. Dan yang terakhir, adalah tahap menyimpan foto. Photo Editor yang satu ini ramah dengan file PNG dan kamu dapat menyimpan gambar ke 3 ekstensi yaitu JPG, PNG dan PXD. Kamu juga dapat mengubah ukuran foto kamu di atas pilihan Cancel dan Download. 


Jika ukuran sudah sesuai keinginan kamu, maka kamu cukup klik Download dan hasil editing kamu sudah tersimpan di folder download PC kamu. Mudah bukan?


Sekian rekomendasi dan sedikit tutorial serta tips dari admin dari pengalaman admin menggunakan photo editor online ini.


Update 11-02-2020
Sekarang ternyata ada tambahan beberapa fitur yang berbayar dengan logo premium di atasnya. Tapi kebanyakan masih gratis kok, hanya fitur tambahan saja yang berbayar.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan