-->

Iklan

Cara Membuat Bentuk dengan Mudah di Adobe Illustrator - PART II

February 07, 2020



Kali ini kita masuk ke Part II cara membuat bentuk dengan mudah di Adobe Illustrator. Jadi disini admin hanya menggunakan object dari persegi, lingkaran, poligon atau star untuk membuat bentuk dari sebuah objek baru. Jika kamu belum membaca part I maka kamu wajib untuk melihat postingan tersebut terlebih dahulu yaa.
Di postingan sebelumnya kita mengandalkan Shape Tool untuk membuat sebuah bentuk dan kali ini ada tambahan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan bentuk menjadi sebuah objek baru yaitu:

2. Pathfinder

Pathfinder ini terbagi atas 4 fungsi yang akan admin jelaskan satu persatu contoh dari penggunaan setiap pathfinder tersebut.

Nah pada contoh kali ini, admin akan membuat awan dari kumpulan lingkaran yang tampak seperti gambar dibawah ini dan admin seleksi seluruh objek yang ada. Disini admin ingin menjadikan kumpulan lingkaran ini menjadi 1 object saja.

Lalu admin memilih Icon pada Pathfinder yang pertama dari sebelah kiri. Kalau Pathfinder kamu belum ada tampilannya, kamu dapat memunculkannya di menu Window > Pathfinder.


Setelah klik icon Pathfinder yang pertama maka kumpula lingkaran tadi menjadi 1 objek saja seperti gambar dibawah ini.
Lalu untuk icon Pathfinder yang kedua berguna untuk menghilangkan object yang ada di atasnya dan membuat objek baru hasil penggabungan kedua garis pada bentuk yang diseleksi bersama.


Admin mengklik lingkaran besar terlebih dahulu lalu menekan shift dan kemudian mengklik lingkaran kecilnya lalu menekan icon Pathfinder yang kedua. Dan hasilnya seperti akan menjadi seperti ini. 
Lalu jika kamu menekan icon ketiga Pathfinder maka akan berfungsi menghilangkan bagian yang tidak saling bersinggungan dan hanya membuat bentuk dari objek yang saling bergabung itu sepeti pada contoh dibawah ini.


Kemudian untuk icon ke empat Pathfinder adalah menggabungkan kedua bentuk menjadi sebuah objek tanpa menghilangkan garis dari masing-masing bentuk. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.


3. Shape Builder Tool


Shape Builder Tool adalah tool yang paling admin sukai untuk membuat bentuk di Adobe Illustrator. Kita dapat membuat sebuah objek dari gabungan banyak bentuk.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Mandala di Adobe Illustrator


Sebagai contoh, admin hanya ingin bagian ang ditandai dengan warna merah saja. Untuk itu admin menggabungkan 2 lingkaran dan 1 persegi panjang yang kemudian admin seleksi.






Lalu admin klik Shape Builder Tool dan kemudian mengklik bagian yang ingin admin jadikan sebuah objek baru.


Akan tampak bagian yang kamu arahkan kursor seperti arsiran dan kursor kamu ada tanda + kecil dibawahnya. Kamu cukup klik saja bagian yang diarsir tersebut dan otomatis ia akan terpisah dari garis atau bentuk lainnya menjadi sebuah objek baru.



Kebalikan dari itu, dengan tool ini kamu dapat menghapus bagian yang tidak kamu inginkan dengan menekan Alt + klik bagian yang ingin kamu buang dan yang tampak seperti arsiran. Nantinya kursor kamu akan tampak tanda - kecil dibawahnya yang menyatakan fungsi tool tersebut untuk menghilangkan garis atau bentuk.


Pada contoh diatas, admin akan menghilangkan semua garis atau bentuk yang ditunjukkan panah tersebut dengan Shape Builder Tool dan metode klik Alt + klik bagian yang ingin dibuang. Dan hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini. Dan gambar dibawah ini adalah objek baru yang bukan bagian dari beberapa objek lagi melainkan menjadi 1 objek saja.


Sekian tutorial Adobe Illustrator dengan tema membuat bentuk dengan mengandalkan shape saja. Mungkin jika admin ada waktu luang untuk mengedit video, admin akan tunjukkan caranya melalui video agar lebih mudah dipahami. 


Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terus rutin mengunjungi blog ini yaa. Mungkin akan ada ilmu lainnya yang bermanfaat untuk kamu yang akan admin bagikan di blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.


This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan