Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Bentuk dengan Mudah di Adobe Illustrator - PART I



Halo teman-teman pembaca. Semoga kalian terus bersemangat, terus mencoba walau gagal berkali-kali dan juga tetap percaya diri yaaa.

Postingan kali ini akan berisi tips dan trik membuat bentuk dengan mudah di Adobe Illustrator. Admin sebenarnya tidak terlu ahli dan suka membuat karakter di Adobe Illustrator karena terasa lebih sulit dibandingkan saat admin menggambar langsung denga brush pen di software Clip Studio Paint/Paint tool SAI.

Kalau kita tidak ahli menggunakan Pen Tool, rasanya membuat bentuk atau karakter paling sederhana pun terasa seakan di neraka di Adobe Illustrator. Dari pengalaman admin yang sangat berat mengatasi software ini, admin akan memberikan beberapa cara agar kamu tidak kewalahan membentuk sesuatu di Adobe Illustrator.

Gambar dibawah ini adalah flat design yang pernah admin buat di Adobe Illustrator dan admin tidak menggunakan Pen Tool, kecuali bagian latar yang tampak bergelombang.

flat design character

Icon Flat Design

flat design desktop work

Menurut admin kalau untuk flat design icon dan character memang Pen Tool tidak terlalu urgent seperti saat kamu membuat kaligrafi, font dan membuat vektor dari gambar seseorang. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati jika belum mahir menggunakan Pen Tool karena butuh latihan yang kemudian menciptakan kebiasaan untuk menggunakan tool tersebut.


Ada 3 tools penting yang admin gunakan untuk menghindari penggunaan Pen Tool:

1. Shape Tool

Tools ini terdiri dari Rectangle, Rounded, Ellipse, Polygon, Star dan Flare Tool.  Tools ini masih bisa kita bentuk semau kita kok dan cara menggunakannnya menurut admin juga tidak sulit.

a. Rectangle dan Rounded Tool

Tools ini berfungsi untuk membuat persegi atau persegi panjang. Bedanya, kalau Rounded tool ini pada setiap sisinya sudah melengkung. Jadi kalau kita menggunakan Rectangle tool setiap sudutnya saat kita bentuk pertama kali masih lancip.


Kita bisa membuat persegi sama sisi maupun persegi panjang dengan beragam jenis panjang dan lebarnya. Kalau kamu ingin membuat bentuk persegi yang sempurna sama ukuran di setiap sisinya maka saat kamu menarik titik untuk membuat perseginya, kamu juga menekan shift secara bersamaan. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Mandala di Adobe Illustrator

Dan kalau kamu ingin membuat kotak yang ukurannya random seperti lebih panjang ke atas atau lebih lebar kesamping, kamu bisa menarik titik sesuka hati. Gambar dibawah ini adalah contoh saat admin menggunakan tombol shift (gambar sebelah kiri) dan saat admin tidak menggunakannya (gambar sebelah kanan).


Kemudian jika kamu ingin mengubah bentuk dari ujung sisi persegi ini maka ada 2 cara yang dapat digunakan. Cara yang pertama, menekan terlebih dahulu bulatan kecil di salah satu sisi yang ingin kamu ubah. Setelah bulatannya tampak lebih berwarna biru, maka tekan + tahan ke arah dalam persegi seperti contoh gambar di bawah ini.


Cara yang kedua ini adalah kebalikan dari cara pertama yang hanya mengubah bentuk 1 sisi saja. Cara ini yaitu dengan langsung menarik bulatan kecil tanpa mengklik bulatan di salah satu sudut dan membuat setiap sisi berubah menjadi melengkung.

b. Ellipse Tool

Tool ini penggunaannya sama dengan tool sebelumnya yairu tarik titik + shift untuk membuat bulat sempurna dan tarik titik tanpa shift untuk membuat bulatan yang sesuai keinginan kita.


c. Polygon Tool

Tool ini dapat digunakan untuk membuat sebuah bentuk yang memiliki banyak segi. Minimal segi di tool ini adalah 3 segi. Kamu bisa membuat segitiga, limas dan lain-lain. 


Nantinya saat kamu memilih tool ini dan mengklik kanvas maka akan muncul tampilan box seperti dibawah ini. Pada bagian sides ini kamu dapat memasukkan berapa banyak sisi yang kamu inginkan untuk dibuat, misal 3, 5,7,8, dst.


Ini adalah contoh bentuk yang dihasilkan oleh Polygon Tool dengan sisi yang berjumlah 3, 5, 6, 7 dan 8. Dan tentunya kamu dapat mengubah salah satu sisi atau keseluruhan sisi seperti yang admin jelaskan pada poin rectangle tool.

d. Star Tool

Tool ini berfungsi sama seperti Polygon Tool namun bedanya tool ini menciptakan bentuk yang tajam seperti bintang di setiap sisinya. 


Kamu dapat mengatur berapa banyak sisi yang kamu inginkan saat menekan kanvas di tampilan box.
Kamu juga dapat mengubah sudutnya agar menjadi melengkung dengan mengklik object yang sudah dibentuk, lalu tarik bulatan kecil ke arah dalam object. Jika kamu hanya ingin mengubah satu sudut saja, maka klik terlebih dahulu bulatan kecil padaa sudut yang hendak diubah.


Nah... Pada gambar dibawah ini sudah terlihat perbedaan saat kamu menarik bulatan kecil di sisi dan bentuk yang sebelumnya tajam menjadi melengkung atau bergelombang.


Agar tidak terlalu jenuh membaca dan postingannya tidak terlalu panjang, admin membagi tutorial kali ini menjadi 2 bagian. Dan Part 1 admin cukupkan sampai bagian ini dulu dan bersambung ke part 2 ya.


Post a Comment for "Cara Membuat Bentuk dengan Mudah di Adobe Illustrator - PART I"

Berlangganan via Email