Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Menggunakan Bucket Tool di Manga Studio/CSP Untuk Pemula

belajar bucket tool dan magic wand tool untuk pemula

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi tentang tips dan trik mewarnai di Manga studio atau Clip Studio Paint (CSP) dengan menggunakan Bucket Tool atau Fill Tool. Memang kesannya sangat sepele bukan? Karena logikanya di setiap aplikasi, orang-orang pasti tau cara menggunakan Bucket Tool.

"Baca Juga: Tutorial Membuat Panel Komik di Manga Studio atau CSP untuk Komik Strik atau Webtoon

Tapi kali ini ada hal penting yang harus kamu ketahui terkait penggunaan tool yang satu ini. Jadi kurang lebih, postingan ini adalah bagian dari tutorial mewarnai dengan tema belajar di software Manga Studio/ Clip Studio Paint (CSP).

Umumnya saat kita menggunakan Bucket Tool, kita pasti sering kesal bukan? Memang benar jika tool ini dapat memberikan warna pada suatu area yang luas dan tentunya ini akan memudahkan kita dalam mewarnai karakter anime atau yang lainnya. Lalu apa permasalahannya? Masalahnya adalah ketika ada line art atau garis yang terputus walau hanya sedikit di area yang ingin kita warnai.

Ternyata ada solusi yang mudah untuk mengatasi bucket tool yang otomatis mewarnai area yang tidak kita inginkan jika ada bagian yang tidak tersambung.

"Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Mata Seperti di Anime Untuk Pemula

Nah kebetulan fungsi ini juga berguna di Magic Wand Tool. Jadi untuk kamu yang suka menyeleksi area tertentu dengan Magic Wand Tool ini sebelum mewarnai hasil gambar kamu. Maka ini adalah tips penting yang harus kamu ketahui.

Lalu bagaimana cara mengubah Bucket Tool/Fill Tool di Manga Studio yang awalnya hasil pewarnaannya meluber ke seluruh area seperti gambar dibawah ini menjadi lebih simpel dan rapi?


Hal yang kamu lakukan pertama kali adalah dengan memilih Bucket Tool/Fill Tool lalu perhatikan Tool Property pada Bucket Tool dengan nama Close Gap. Jika tampilan Tool Property tidak tampil saat kamu memili Bucket Tool, kamu dapat memunculkannya dengan menekan menu Window > lalu ceklis Tool Property.


Pada gambar diatas, tampak jika Close Gap nya berada di tingkatan pertama bukan? Ubah tingkatan itu denga metode seret ke arah kanan hingga mencapai tingkat akhir atau kotak ke lima.



Jika sudah, coba kamu klik kembali area yang ingin kamu warnai. Pasti Bucket Tool lebih meminimalisir area pewarnaannya bukan? Dan tool tersebut telah mengabaikan garis atau lineart yang terputus sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari kembali bagian yang tidak tersambung dan menggambar kembali bagian tersebut.


Dengan metode ini kamu dapat mewarnai gambar kamu dengan lebih mudah dan lebih cepat lagi. Tips ini sangat membantu bukan?

Sekian dulu sharing tips pada postingan ini. Langsung dipraktekkan yaa agar lebih mudah di ingat da di pahami. 



Kalau kamu masih belum paham dengan penjelasan admin via tulisan, kamu dapat melihat tutorialnya melalui video yang saya bagikan di atas. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Belajar Menggunakan Bucket Tool di Manga Studio/CSP Untuk Pemula"

Berlangganan via Email