-->

Iklan

Tips dan Trik Membuat Fanart Anime atau Idol Kpop dengan Tracing

January 01, 2020



Siapa yang bilang kalau membuat fanart dari anime favorit kamu atau idol Kpop yang kamu sukai harus pandai menggambar? Karena sebenarnya kalian tidak harus pandai menggambar untuk bisa membuat fanart, hanya saja membutuhkan tips dan trik khusus yang kalian butuhkan.

Gimana caranya min?

Salah satu tips dan trik yang akan admin ajarkan adalah dengan metode tracing. Tahu tracing nggak? Kalau belum akan admin jabarkan sedikit tentang metode tracing ini.

Tracing adalah suatu tindakan menggambar kembali sesuatu yang telah jadi. Hmmm... Waktu kecil pernah menggambar menggunakan kertas karbon nggak? Nah tracing ini kurang lebih seperti itu. 

" Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Mata Seperti di Anime

Tracing secara digital juga dapat dilakukan di segala aplikasi menggambar jadi kamu tidak perlu khawatir apakah perangkat kamu memenuhi spesifikasi atau tidak.  Kamu bisa menggunakan PC/Laptop/ Handphone untuk menggambar dengan cara tracing.

Berikut ini langkah membuat fanart anime ataupun idol Kpop dengan tips dan trik yang admin buat sendiri:

1. Cari gambar referensi

Cari dulu gambar yang ingin kalian gambar ulang untuk proses selanjutnya. Sebagai contoh, admin menggunakan gambar IU (Penyanyi solo dari Korea).



2. Import gambar referensi dan kurangi tingkat opacitynya.

Kamu bisa kurangi tingkat opacity gambar aslinya sesuka hati selama gambarnya masih bisa kamu lihat jelas. Pengurangan opacity ini akan membuat gambar referensi tersebut tampak kabur. Gambar dibawah ini adalah contoh pengurangan tingkat opacity hingga 50%.


3. Gambar garis lineart di layer baru.

Setelah mengurangi opacity, kamu tambahkan layar baru diatas gambar referensi kamu dan mulai membuat garis atau lineart untuk fanart kamu.


4. Jika lineart kamu telah selesai, hapus layer gambar referensi kamu.

Setelah garis kamu selesai meniru gambar aslinya. Maka kamu dapat menghapus atau menonaktifkan mode lihat di layer referensi kamu sehingga meninggalkan lineartnya saja.
5. Warnai lineart yang telah kamu buat.

Langkah terakhir adalah mewarnai fanart kamu. Admin biasanya mewarnai dengan menggunakan pen brush atau bucket tool saja. Kalian tinggal memainkan opacity brushnya untuk hasil yang lebih bagus lagi.

Dan fanart kamu sudah siap...!


Admin tidak bisa mengharuskan kamu melakukan sesuatu saat mewarnai, karea setiap orang mempunyai ciri khas yang unik dalam mewarnai. Jangan malu dengan hasil karya yang kamu kerjakan sepenuh hati. Bangga lah pada dirimu sendiri dan hasil karya mu. Ingat...! Setiap karya mempunyai kisah dan perasaan dari si pembuat.


Jadi... Sudah tertarik untuk membuat fanart? Atau kamu sudah memulainya? Sharing pengalaman kamu di kolom komentar ya.


This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan