Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Video Speedpaint/Speed Art dengan Software Adobe Premiere


Pernah lihat proses pembuatan desain atau gambar dari kreator yang tampak dipercepat seperti di Youtube atau Instagram? Video yang kalian lihat itu adalah Speedpaint atau Speed Art yang memangkas waktu pembuatan video yang bisa saja awalnya 1 jam menjadi beberapa menit saja. 

Salah satu software yang bisa menjadi sarana untuk membuat Speedpaint atau Speed Art adalah Adobe Premiere. 

Cara membuat video Speed Paint atau Speed Art ini tidaklah sulit dan hanya membutuhkan beberapa tahap saja yaitu:

1. Buka Adobe Premiere 



Buka software Adobe Premiere kamu sehingga menampilkan timeline yang terdapat tulisan video 1, Audio 1, video 2, Audio 1, video 3, Audio 3, seperti gambar diatas.

2. Masukkan Video ke Timeline


Masukkan video ke dalam timeline Adobe Premiere sehingga kamu dapat mengedit video di tahap selanjutnya. Selalu ingat bahwa timeline Audio dan Video adalah dua bagian yang berbeda, karena kalian dapat mengedit audionya saja atau videonya saja.

3. Klik Kanan Pada Timeline Video dan Klik Speed/Duration



Klik timeline video lalu klik kanan dan pilih Speed/Duration untuk mengatur kecepatan video yang akan kalian ubah.

4. Atur Kecepatan Video



Setelah kalian menekan Speed/Duration, maka akan tampak tampilan seperti di atas. Speed awal adalah 100%. Jika kalian ingin mempercepatnya, cukup tambahkan angka sesuai yang kalian mau. Duration adalah lamanya waktu dari video kalian. Jika kalian melihat gambar di bawah ini, dengan kecepatan 600% durasinya menjadi 15 menit dari yang sebelumnya berdurasi 1 jam 30 menit.


Selain mempercepat video kalian bisa juga memperlambat video dengan membuat speed nya dibawah 100%. Dengan membuat speed dibawah 100% kalian dapat membuat efek slow motion pada video kalian.

Pilihan reverse speed dapat digunakan untuk membuat video yang berjalan mundur kebelakang dan metode ini juga banyak digunakan kreator dalam video buatan mereka.

Sekian tutorial terkait editing video pada hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Jika ada request terkait Adobe Premier atau software lainnya terkait desain grafis atau komik, jangan segan untuk sharing di kolom komentar ya.


Post a Comment for "Cara Membuat Video Speedpaint/Speed Art dengan Software Adobe Premiere"

Berlangganan via Email