Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Animasi Dengan Clip Studio Paint (CSP)



Baru-baru ini admin mendapatkan ilmu baru dari software Clip Studio Paint. Sebenarnya fitur ini sudah lama, namun admin yang kudet (kurang update) jadi yang admin tau Clip Studio Paint itu untuk menggambar komik saja. Namun ternyata Clip Studio Paint bisa juga digunakan untuk membuat animasi yang terdiri dari gambar-gambar. Iya... Sistem nya memang menggambar layer demi layer.

Admin sendiri sangat nyaman menggunakan pembuatan animasi di Clip Studio Paint karena admin menggambar menggunakan pen tablet. Rasanya bisa menggambar dengan leluasa di Clip Studio Paint nya.

Ini adalah tutorial dasar dan hal yang harus kalian mengerti saat ingin membuat animasi di Clip Studio Paint.

1. Buka Clip Studio Paint, Pilih Menu File > Klik New


Buka Clip Studio Paint dan pilih menu file yang ada di pojok kiri atas kemudian klik pilihan New seperti gambar dibawah ini.


Kamu juga bisa menggunakan cara praktis yaitu dengan menekan Ctrl + N untuk membuka project baru.

2. Pilih Icon "Animation"


Pada tampilan ini kamu bisa mengatur kanvas atau ukuran dari frame animasi sesuai yang kamu inginkan. Jika semuanya sudah sesuai keinginan, klik "OK".

3. Klik Timeline Pada Bagian Bawah Lembar Kerja


Nantinya setelah kalian menekan pilihan seperti di atas, maka bagian timeline akan muncul lebih rinci dengan tampilan lembar demi lembar.



4. Mulai Pembuatan Animasi 

Kamu dapat menekan ikon seperti pada gambar dibawah ini. "New Animation Folder" untuk menambahkan folder baru yang akan di isi oleh lembaran yang akan di animasikan satu persatu. 


Setelah menekan pilihan di atas, bagian layer di sebelah kanan akan tampak seperti ini.


Untuk menambahkan frame baru untuk pergerakan gambar detik demi detiknya, kalian dapat menekan "New Animation Cel". Jadi setiap kamu ingin membuat pergerakan gambar, kamu harus menambah cel baru dan menggambar kembali.




5. Putar Animasi Yang Telah Kalian Kerjakan

Perlu di ingat, membuat animasi dengan metode ini sangat membutuhkan kesabaran dan juga gambar yang sangat banyak per-menitnya. Jika kamu sudah menyelesaikan animasi lembar demi lembar, kamu dapat melihat hasil kerja pada icon play seperti ini.

6. Tips Untuk Mempermudah Proses Pembuatan Animasi

Klik pilihan "Enable Onion Skin" sehingga kamu dapat melihat bayangan dari lembaran yang sudah di buat sebelumnya. Hal ini dapat mencegah ketidak sesuaian objek yang digambar dengan frame sebelumnya atau frame sesudahnya.

7. Simpan Animasi Dengan Format Yang Kalian Butuhkan

Kamu dapat menekan Menu File > Klik Export Animation dan pilih format yang di inginkan. Di Clip Studio Paint, kamu dapat menyimpan sebagai Gif Animasi, Stiker Animasi, Movie dan sebagainya.


Sekian tutorial dan tips pada postingan kali ini. Semoga postingan ini dapat membantu dan memberi solusi untuk kalian yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang animasi dengan Clip Studio Paint.



Post a Comment for "Cara Membuat Animasi Dengan Clip Studio Paint (CSP)"

Berlangganan via Email