-->

Iklan

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Pen Tablet

January 05, 2020

Mungkin kalau teman-teman pembaca melihat komikus atau kreator lainnya yang menggunakan pen tablet sebagai pengganti mouse dan juga agar bisa menggambar layaknya di kertas dengan media digital. Pasti ada keinginan di hati untuk memakainya juga karena berpikir akan bisa membuat gambar sebagus mereka di media digital. 

" Baca Juga: Cara Agar Wacom Tablet Terhubung ke Manga Studio atau Clip Studio Paint (CSP)

Keinginan untuk menggunakan salah satu alat pendukung menggambar secara digital ini tidakkah salah. Namun jika kamu berpikir dengan menggunakan media pen tablet hasil menggambar kamu akan langsung sebagus kreator yang kamu lihat di Youtube atau Instagram. Hal itu adalah prmikiran keliru yang harus kamu jauhkan dari mindset kamu.

Berikut ini adalah hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli pen tablet.

1. Kebutuhan

Nah sebelum kamu membeli pen tablet, kamu harus mempertimbangkan seberapa butuhnya kamu dalam menggunakan pen tablet. Jika sudah untuk ke tahap profesional seperti komikus, membuat font, kaligrafi dan motif yang memang mengharuskan pembuat untuk menggunakan pen tablet. Maka kamu bisa menggunakan pen tablet ini. Namun jika kamu menggambar berdasarkan hobi dan masih tidak teratur menggambar serta masih dalam hitunga jarang, sebaiknya kamu memikirkan kembali untuk membeli dan menggunakan pen tablet. 

Akan lebih baik jika kamu mengasah kemampuan menggambar kamu secara tradisional terlebih dahulu hingga benar-benar sudah ke tahap rajin dan ahli. Sehingga kamu tidak terlalu kesulitan saat akan menggunakan pen tablet di kemudian hari.

2. Jenis Pen Tablet

Pen tablet sendiri terdiri atas 2 jenis. Yang pertama adalah pen tablet yang menggambar langsung di monitor pen tablet nya dan jenis yang kedua adalah pen tablet yang hanya sebagai alat bantu seperti mouse yang medianya adalah layar PC/Laptop.
Contoh pen tablet yang sepaket dengan monitornya

Rekomendasi dan Hal Penting Sebelum Membeli Pen Tablet


 Contoh pen tablet yang sebagai alat pedukung atau pengganti mouse

3. Merk Pen Tablet

Hal yang perlu kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah merk dari pen tablet. Sejauh yang admin tahu ada merk Wacom, Huion dan XP Pen. Admin sendiri sudah pernah mencoba Wacom dan Huion dan menurut admin, admin lebih menyukai merk Wacom ini. Sebelum membeli pen tablet, luangkan waktu kamu untuk membaca review dari orang-orang yang telah memberi pen tablet agar kamu menemukan pe tablet sesuai yang kamu inginkan.

4. Harga dari Pen Tablet

Harga adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, terlebih jika kamu masih kuliah dan tidak mempunyai banyak uang lebih untuk membeli pen tablet yang mahal. Namun, saran dari admin adalah jika kalian ingin punya pen tablet tapi masih kekurangan dana. Lebih baik menabung terlebih dahulu sedikit lebih lama agar mendapatkan pen tablet dengan kualitas yang bagus pula.

Terkadang karena sifat buru-buru dan tidak sabar, kita cenderung membeli yang murah namun ternyata barang tersebut sangat cepat rusak. Dan mau tidak mau kamu tetap harus membeli pen tablet yang baru.
Sekian penjelasan admin mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli pen tablet. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan