Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Membuat Mandala di Adobe Illustrator


Membuat mandala yang indah bukanlah hal yang sulit dibuat pada software Adobe Illustrator. Pada postingan kali ini admin akan berbagi ilmu terkait pembuatan mandala di Adobe Illustrator.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menekan tool diagonal seperti ini.



Saat kamu sudah memilih tool diatas, klik kanan pada lembar kerja kamu dan ubah jumlah sisinya menjadi 12 kemudian klik "OK".


Selanjutnya setelah kamu membuat bentuk seperti diatas, kosongkan isi dari shapenya dan kemudian buatlah garis seperti berikut.


Nah selanjutnya kamu seleksi semua bentuk yang ada di lembar kerja kamu dan pilih tool berikut ini untuk lanjut ke proses berikutnya.



Setelah kamu memilih tool nya, kamu arahkan ke bagian dalam dari diagonal dan garis yang sudah di buat sebelumnya hingga memunculkan tampilan titik-titik seperti jaring kecil seperti gambar dibawah kemudian klik area tersebut.


Setelah itu kamu klik dan pindahkan area tersebut yang nantinya akan terpisah dari bagian lainnya.


Kamu dapat menghapus bagian lainnya dan hanya menyisakan bagian yang di pilih sebelumnya yaitu yang berbentuk segitiga. Nah bagian yang tertinggal inilah yang dapat kamu isi menjadi motif atau bentuk lainnya yang nantinya akan kita gandakan menjadi bentuk mandala.

Nantiya setelah kamu mengisi bentuk kemudian akan digandakan dengan melingkar. Gambar dibawah ini adalah contoh motif yang akan admin jadikan mandala.


Kemudian seleksi semua bentuk yaitu segitiga dan motif yang ada di dalamnya dan klik tool rotasi.



Jika kamu sudah menekan tool rotasi, selanjutnya kamu zoom bentuk yang telah di seleksi. Kamu bisa melakukan zoom dengan menekan Ctrl dan + secara bersamaan. Setelah itu klik titik kecil seperti dibawah ini secara dan juga bersamaan dengan Alt.

Setelah kamu menekan klik + Alt secara bersamaan akan tampil box kecil seperti dibawah ini dan tulis 360/12 atau bisa juga tulis 30 derajat. Kemudian centang tanda review lalu kemudian klik "Copy".



Nah... Jika motif kamu sudah digandakan, klik Ctrl + D hingga motif tersebut membentuk lingkaran yang sempurna.

Lalu hapus garis terluarnya hingga meninggalkan motifnya saja kemudian perbesar bentuknya sesuai yang kalian inginkan.


Nah sudah selesai. Selanjutnya kalian tinggal berkreasi seperti mengubah warna, menambah gradasi atau menambah objek-objek lain agar lebih bagus lagi.

 



Sekian tutorial pada kali ini. Kalian dapat berlangganan untuk mengikuti tutorial lainnya terkait desain grafis di blog ini. Jangan lupa singgah ke postingan lain di blog ini yang tentunya bermanfaat di dunia desain grafis.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Mandala di Adobe Illustrator"

Berlangganan via Email