Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Wacom Tablet Terhubung Ke Manga Studio Atau Clip Studio Paint



Halo teman-teman pembaca...! Pada postingan kali ini admin akan memberikan tutorial terkait cara agar pen tablet kamu dapat terhubung ke software Manga Studio atau Clip Studio Paint di laptop atau PC kamu.

Mungkin beberapa dari teman-teman pembaca tengah bingung karena pen tablet yang kalian beli hanya tidak berfungsi di Manga Studio atau Clip Studio Paint dan di luar software ini pen tablet berfungsi normal. 

" Baca Juga: Lampu Wacom Berkedip dan Tidak Dapat Terhubung ke PC

Tidak perlu takut jika mengalami hal seperti ini karena hal tersebut bisa saja terjadi dan kalian cukup melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

1. Hubungkan Kabel USB Pen Tablet Ke PC/ Laptop

Sebelum membuka software Manga Studio ataupun Clip Studio Paint, hubungkan terlebih dahulu USB wacom tablet ataupun pen tablet kamu.

2. Buka Aplikasi Manga Studio Atau Clip Studio Paint
Setelah kamu yakin wacom tablet/pen tablet kamu telah terhubung ke PC/laptop kamu, buka aplikasi Manga Studio atau Clip Studio Paint kamu.


Gambar di atas adalah tampilan pada software Manga Studio yang kurang lebih sama dengan Clip Studio Paint. Perbedaannya yang mencolok mungkin di warna tema software Manga Studio yang abu-abu dan Clip Studio Paint bertema hitam.

" Baca Juga: Cara Agar Wacom Tablet Dapat Dihubungkan Ke Handphone

Nah pasti pen kamu tidak berfungsi di aplikasi ini bukan? Kursornya sama sekali tidak bergerak apabila kamu menggerakkan pen tablet kamu. Tidak perlu cemas, kita lanjut ke tahap berikutnya cukup menggunakan touchpad atau mouse terlebih dahulu.

3. Klik File > Preferences 

Langkah selanjutnya adalah menekan menu File dan klik Preferences untuk mengatur setting pen tablet kamu d software ini.


4. Klik Tablet Pada Menu Preferences

Setelah kamu menekan pilihan preferences atau cara cepatnya cukup tekan Ctrl + K akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan kamu pilih tulisan "Tablet".



Jika pada saat kamu menekan tulisan tablet dan tampak jika opsi yang terpilih adalah "Wintab" kamu hanya perlu menekan pilihan yang tepat disampingnya yaitu "Tablet PC" lalu klik "OK".


Nah... Seharusnya pen tablet kamu sudah dapat beroperasi normal nih teman-teman. Apakah cara ini dapat membantu permasalahan teman-teman pembaca dan menyelesaikannya? Kalau iya ayo sharing pengalaman kalian di kolom komentar.

Post a Comment for "Cara Agar Wacom Tablet Terhubung Ke Manga Studio Atau Clip Studio Paint "

Berlangganan via Email