Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berdamailah Dan Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri


Ada hari disaat kamu merasa sangat sesak di dalam hati. Rasanya sangat berat untuk menarik dan menghembuskan nafas. Perasaan yang sangat menyiksa dan mengganjal itu tidak akan pernah bisa di mengerti oleh orang lain. 

Waktu di sekitarmu terasa berhenti berjalan dan meninggalkanmu sendirian layaknya di ruang hampa. Kadang kala, kau bangun dengan air mata yang mengalir membasahi bantal tidurmu. Dan terkadang kedua matamu bahkan enggan untuk beristirahat di gelapnya malam. Serasa ada hal yang tertinggal, ada rasa takut serta rasa menyesal yang tidak kunjung usai.

Kamu melihat kehidupan teman-temanmu selalu dipenuhi tawa. Mereka dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karir yang cemerlang, bisnis yang lancar atau sekedar tertawa bahagia dengan keluarga kecil mereka. 

Luka hatimu seakan semakin menyakitkan saat hal-hal yang kamu perjuangkan tidak berjalan dengan baik atau bahkan gagal. Dan kau sudah sangat dewasa untuk mengadu tentang keresahan hatimu pada orang lain.

Kamu semakin merasa... Orang-orang di sekitarmu telah meninggalkanmu secara perlahan. Dan mulai berpikir "Jika aku menghilang pun... Tidak ada yang akan mencari atau merindukanku".

Padahal aku selalu berusaha keras dari dulu. Rasanya saat teman sebayaku sedang sibuk menghabiskan waktu untuk bersenang-senang, aku sudah terlebih dahulu menata masa depanku.

Jawaban dari kegelisahanmu mungkin tidak bisa ku berikan seperti perkataan umum orang-orang kepadamu. Karena bisa saja hal yang kau alami bahkan sangat berat hingga selalu kau pendam di dalam hati. Banyak kejadian yang tidak bisa kau ungkapkan dan membuatmu menjadi cepat cepas atau depresi.

Tapi jika kamu terus menyalahkan dirimu... Kondisi mental mu akan terus memburuk dan semua akan terasa lebih menyakitkan. 

Cobalah untuk mendengarkan instrumen pengantar tidur yang banyak tersedia di Youtube. Ungkapkan rasa terima kasih pada dirimu yang sudah berjuang keras sejak dulu. Hanya kamu yang mengerti pahit manisnya semua perjuanganmu. Kurangi kafein dan minuman instan yang dapat membuat kondisi tubuhmu memburuk serta membuat jantungmu cepat berdebar. 

Admin sendiri sedang mengalami fase ini. Terkadang bahkan air mata jatuh tanpa sebab dan bisa juga menangis tersedu-sedu. Jangan pernah berpikir untuk menghilang dari dunia ini. Jangan membuat dunia bersedih karena kehilangan orang sebaik kamu. Teruslah membantu orang-orang dan berbuat kebaikan. 

Setidaknya hal tersebut bisa mencegah dirimu bergumam "Aku tidak berguna dan tidak bisa melakukan apa-apa".

Post a Comment for "Berdamailah Dan Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri "

Berlangganan via Email