-->

Iklan

Tutorial Membuat Panel Komik di Manga Studio Ex 5 untuk Komikstrip atau Webtoon

December 03, 2019
Panel komikstrip dan webtoon
Membuat panel sendiri di Komik



Saat membuat komik kita pasti membutuhkan yang namanya panel komik atau bingkai yang bisa digunakan agar gambar kita lebih rapi dan juga bisa mengelompokkan waktu, suasana dan yang lainnya dengan mudah.

Admin akan membagikan cara membuat panel komik yang biasa sesuai yang kamu mau dan biasanya saat kita membuka wabtoon ada panel komik yang menjadi jarak dari suatu waktu atau suasana ke bagian cerita yang baru. Admin menggunakan Manga Studio EX 5 dan sekarang namanya Clip Studio Paint.

" Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Mata Seperti di Anime

1. Buka menu file dan kemudian kita membuat new file.


2.  Pilih tools seperti yang admin tandai dengan warna merah.


3. Kemudian pilih rectangle seperti gambar dibawah ini.


4.  Nah nantinya kamu akan muncul tampilan seperti ini. 

Kamu bisa mengubah kotak tersebut sesuai keinginan kamu. Ketebalan garis pada opsi "Brush Size"dan "Opacity" untuk tingkat kepudaran garisnya. Biasanya admin akan menggunakan size brush 3 atau 4 untuk garis panel komik dengan warna hitam.



5. Line/fill ini sangat penting untuk memilih panel yang kamu inginkan. 

Jika kamu memilih yang paling kiri, kotak tersebut akan menjadi kotak yang memiliki warna hitam sesuai dengan tools apa yang kamu inginkan, bisa brush, pensil, watercolor dan sebagainya. Yang tengah adalah kotak yang tidak memiliki warna apapun, nah inilah yang kita gunakan untuk membuat panel komik. Dan yang paling kanan adalah kotak yang warna di dalamnya dapat kita isi sesuka hati kita.



Admin akan memberikan contoh hasil dari ketiga opsi tersebut sesuai urutannya agar pembaca dapat lebih mudah mengerti perbedaan ketiganya.


Warna garisnya bisa kalian ubah sesuai yang kalian inginkan kok. Kurang lebih begitulah perbedaan dari ketiga hal yang admin jelaskan diatas. Dan untuk membuat komik, kamu pilih opsi yang ditengah ya! Karena panel tersebut tidak mengganggu gambar yang telah kamu buat.

" Baca Juga: Menggambar Modal Jari di HP dengan 3 Aplikasi Terbaik dan Gratis di Google Play

Ini adalah contoh panel komik yang biasa digunakan untuk karya digital yaitu webcomic agar pembaca mengetahui jeda dari satu situasi ke situasi yang lainnya dengan membuat panel berukuran kecil dan biasanya berwarna putih.



Dan ini adalah panel komik yang biasa digunakan untuk membuat komikstrip. Biasanya kalau di sosial media komikstrip ini diposting di facebook, twitter maupun instagram.



Sekian tutorial dari admin yang mungkin berguna untuk teman-teman pembaca. Jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan artikel dan blog admin ke teman-teman yang lainnya. Kalau ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan. Dan mungkin ada informasi yang ingin kalian bagi yang admin belum tahu. , admin persilahkan bertanya dan kita dapat berdiskusi di kolom komentar.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan