Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lampu Wacom Tablet Berkedip dan Tidak Dapat Terhubung ke PC / Laptop

Wacom does not successfully installed


Lampu Wacom Tablet Berkedip dan Tidak Dapat Terhubung ke PC / Laptop - Beberapa hari ini saya mengalami suatu permasalahan yang sangat tidak di inginkan. Drawing tablet yang biasa saya gunakan yaitu Wacom Intuos Draw CTL-490 tiba-tiba tidak dapat terhubung dan lampunya terus berkedip. 
Biasanya lampu yang tepat berada di tengah wacom series tersebut selalu menyala pertanda terhubung ke komputer. Jika berfungsi sebagaimana mestinya, lampu tersebut akan bersinar semakin cerah saat pen nya mendekat ke area sentuh tabletnya.  

Permasalahan lain yang saya alami saat saya menghubungkan USB ke komputer installing driver USB nya menampilkan Wacom Tablet tidak dapat terhubung dengan tanda silang warna merah. Admin cukup frustasi karena USB nya untuk flashdisk dan fungsi lainnya selain wacom dapat berjalan dengan baik, hanya wacomnya saja yang tidak dapat terhubung ke komputer.
Admin sudah melakukan segala cara mulai dari restart, cabut dan menghubungkan USB kembali, bahkan sudah uninstall dan menginstall kembali drivernya dari website resmi wacom namun  hasilnya nihil. 

Saat admin cek di device manager dan ketika admin klik property driver wacom ternyata ada error  dengan code 52 di wacom tablet drivernya. Saya sendiri tidak paham dengan software atau hardware komputer karena memang bukan keahlian saya. Sempat bingung juga sampai 2 hari bolak-balik google, otak-atik komputer dan hampir putus asa juga. Akhirnya saya menemukan solusi untuk permasalahan ini yang bisa kita kerjakan sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service komputer.

Cara Mengatasi Lampu Wacom Tidak Terhubung ke PC/Laptop dan Lampu Wacom Tablet Berkedip


1. Berhentikan program wacom tablet melalui services.


Langkah pertama yaitu kita harus menghentikan program wacom tablet yang sedang berjalan melalui control panel dibagian services. Kamu bisa langsung search aja kata "services" di menu pencarian windows kok. Caranya adalah dengan kamu tekan dan klik kanan pada tulisan wacom professional. Kemudian pilih dan tekanlah pilihan "stop". 




2. Uninstall driver wacom tablet bahkan dari Control Panel dan Data (C) jangan sampai ada sisanya. 


Untuk menghapus software wacom tablet dari control panel, kamu dapat mencari control panel terlebih dahulu di pencarian windows lalu cari icon program and features seperti yang saya tandai pada gambar dibawah ini.



Kemudian kamu cari dan klik software Wacom Tablet dan klik kanan untuk uninstall driver dari software wacom tablet ini.



Hal pertama yang mungkin menyebabkan wacom kamu tidak dapat terkoneksi adalah versi wacom terlalu tinggi untuk spesifikasi laptop kamu. Cobalah untuk menginstall versi yang lebih rendah. Jangan lupa untuk mengingat nomor versi wacom kamu yang gagal terhubung ke laptop dan download lah versi yang keluar lebih dahulu dari yang kamu gunakan.


Jika hal tersebut belum juga berhasil kamu dapat melakukan hal yang sama untuk menghapus kembali semua driver wacom dan kemudian men download Driver Easy yang dapat mengupdate driver kamu yang bermasalah dengan wacom.

Nantinya setelah kamu install Driver Easy ini, kamu hubungkan wacom kamu ke USB tanpa menginstall wacom nya terlebih dahulu lalu kamu dapat melakukan scan terhadap driver kamu yang tidak up to date. Mungkin driver ini tidak lagi gratis, namun kalian bisa menggunakan versi trial atau mencari alternatif software lain yang fungsinya sama dengan driver easy ini.

Kemudian kamu dapat mengupdate driver wacom tablet dan ikuti instruksi nya yang admin rasa sudah cukup detail jika kamu menanyakan bagaimana cara mengupdate nya.


Dan kemudian saat sudah berhasil di update, kamu install lagi deh driver wacomnya. Untuk sekedar informasi, awalnya admin menggunakan driver wacom versi 6.3.37-3 yaitu versi terbaru driver wacom intuos draw CTL-490 kemudian admin menggantinya dengan versi 6.3.32-3.

UPDATE TERBARU: Cara Mengatasi Lampu Wacom Tablet yang berkedip dan tidak dapat terhubung ke PC / Laptop.


Jika cara diatas tidak berhasil, cara terbaik untuk mengatasi lampu wacom tablet yang berkedip da tidak dapat terhubung ke PC/Laptop adlah dengan menginstall ulang windows atau sistem operasi kalian ya teman-teman.

Saya mengetahui cara ini setelah saya menginstall ulang sistem operasi windows pada laptop saya yang awalnya windows 7 menjadi windows 8. Mungkin wacom tabletnya ada yang tidak sinkron dengan sistem operasi sebelumnya, atau saya salah hapus file penting dari sistem driver wacom tabletnya.

Hal ini disebabkan karena ada sesuatu yang dibutuhkan oleh aplikasi / software Wacom Tablet yang tidak ada di sitem operasi kita. Kemungkinan ada file sistem yang terhapus atau tidak update, sehingga tidak bisa saling terhubung dengan sistem yang ada pada software Wacom Tablet Properties nya.


Itu saja yang bisa saya bagikan seputar cara mengatasi lampu wacom tablet yang terus berkedip dan tidak bisa terhubung ke laptop/ pc kamu. Kamu bisa mengunjungi blog ini untuk melihat berbagai tutorial dan hal menarik lainnya seputar digital art dan desain grafis yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk diketahui leh teman-teman pembaca semuanya.

Semoga wacom kamu dapat berfungsi kembali ya. Jika ada hal yang kurang jelas dapat ditanyakan di kolom komentar.


Post a Comment for "Lampu Wacom Tablet Berkedip dan Tidak Dapat Terhubung ke PC / Laptop"

Berlangganan via Email