Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Drawing Tablet Wacom Dapat Dihubungkan ke Handphone


Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa ternyata ada peningkatan terbaru yaitu pada drawing tablet wacom yang dapat kamu koneksikan ke android. Saat kamu menggunakan wacom tablet sebagai ganti dari touchscreen kamu, maka kursor di layar hp kamu nantinya akan menunjukkan sebuah titik kecil yang bergerak sesuai dengan gerakan pen tablet kamu.

Nah... Wacom intuos dengan seri CTL 4100 dan CTL 6100 dapat kamu gunakan untuk menggambar di aplikasi smartphone ataupun tablet kamu. Spesifikasi perangkat yang kamu punya harus menggunakan Android OS 6.0 atau setelahnya.

" Baca Juga: Lampu Wacom Tablet Berkedip dan Tidak Dapat Terhubung ke PC

Jika sebelumnya, pada saat kita menggunakan drawing tablet ke PC dan bagian pen tablet akan terpakai seluruhnya. Maka pada saat menggunakan drawing tablet wacom ke handphone, drawing tablet hanyalah berfungsi sebagian saja yakni sesuai dengan ukuran handphone/hp yang kita gunakan sebagaimana ditunjukkan pada gambar thumbnail diatas.

Tipe handphone/tablet yang dapat digunakan untuk memakai wacom tablet sendiri juga bermacam-macam merek. Mulai dari Nokia, Asus, Huawei, LG, Oppo Samsung, Vivo, Xiaomi dan yang lainnya. 

Aplikasi yang disarankan untuk menggunakan wacom tablet ini di ponsel pintar kamu adalah Autodesk Sketchbook, Ibis Paint, Medibang Paint dan Bamboo Paper.

Sayangnya masih kedua jenis drawing tablet dengan seri yang telah admin sebutkan diatas saja yang bisa dihubungkan ke smartphone/hp atau tablet. Wacom dengan seri lainnya terlebih sebelum keluarnya kedua seri diatas belum bisa mendukung fitur ini. Namun ini kabar yang baik untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli wacom tablet.
Cara untuk menghubungkan wacom tablet ke handphone juga sangat mudah selayaknya kamu menghubungkannya ke komputer dan kamu tidak perlu menginstall drivernya. Kamu hanya perlu menghubungkan kabel USB Wacom ke hp kamu. Dan menghubungkan kabel USB wacom tablet ke handphone juga memerlukan hanya memerlukan sebuah OTG sebagai perantara untuk menghubungkan kabel wacom nya dengan hp kamu.

Merk dan tipe handphone, jenis USB OTG yang mendukung, aplikasi yang mendukung serta hal terkait lainnya untuk menghubungkan wacom tablet ke handphone selengkapnya dapat kamu lihat langsung di website resmi wacom disini ya.

Baca Juga: Cara Menggunakan reference layer di Clip Studio Paint atau Manga Studio

Penasaran dengan proses saya menggambar digital secara realtime menggunakan wacom tablet? Kamu bisa mengunjungi channel youtube Blografise karena saya akan update video tutorial desain grafis, membuat komik, tutorial clip studio paint, manga studio, paint tool SAI dan juga menggambar digital art.

Post a Comment for "Cara Agar Drawing Tablet Wacom Dapat Dihubungkan ke Handphone"

Berlangganan via Email