-->

Iklan

Tips dan Trik Menjadi Komikus Bagi Pemula

November 13, 2019




Kamu hobi baca webtoon? Manga? Komikstrip? Atau komik lainnya dan ada ketertarikan dalam dunia menggambar atau mampu membuat sebuah cerita? Mungkin kamu pernah melamun dan terlintas dalam pikiranmu untuk membuat sebuah komik karena kamu sendiri lebih suka membaca cerita yang di lengkapi oleh ilustrasi gambar. 

Kalau kamu sedang berada pada tahap tersebut... Kamu jangan takut untuk memulai ya...!! Karena dalam dunia seni itu sendiri, ngga ada takaran baik buruknya suatu karya selama kamu benar-benar mengerjakan sepenuh hati kamu. 

"Tapi.. Aku ngga jago gambar min", "aku ngga bisa buat cerita cuma bisa menggambar", "ngga tau mau pake aplikasi apa", "ngga tau harus mulai dari mana nih min", "karya aku ga di like nih", "sepi pembaca" dan lain-lain. Semua problem kalian akan admin kasih tau pencerahannya, supaya kalian dapat mengasah kemampuan kalian dan dapat lebih semangat lagi.

Tips dan trik yang harus kalian miliki adalah:

1. Kalian harus percaya diri

Kenapa ini penting? Karena saat kamu percaya diri, kamu tidak akan mudah nge-drop saat kamu latihan gambar dan ngelihat karya orang lain diluar sana lebih bagus dari kamu. Saat kamu percaya diri maka mental kamu juga akan menjadi sangat kuat layaknya baja saat karya kamu dikritik, dikomentarin atau diabaikan, kamu tetap menjadikan semua hal itu sebagai semangat kamu untuk semakin berjuang lebih giat lagi.

2. Pelajari dasar-dasar menggambar

Dasar-dasar yang perlu kamu pelajari dan kamu latih adalah tentang proporsi tubuh, pose, background, efek dan panel komik serta font yang sangat berpengaruh dengan dalam pembuatan sebuah komik.


3. Buat alur cerita yang kompleks dan adakan penelitian untuk komik kamu


Dalam membuat sebuah karya tak terkecuali pembuatan komik, kalian perlu untuk membuat cerita terlebih dahulu, kalau menurut admin, sebaiknya kalian membuat cerita sampai final baru lah membuat ilustrasi gambarnya. Hal ini dilakukan agar kalian terhindar dari artblock maupun story block. Apa sih itu? Kondisi itu adalah masa dimana kamu kehilangan ide untuk membuat suatu karya sehingga menghambat kamu untuk melakukan melanjutkan progress komik kamu.


4. Cari style dan ciri khas yang nyaman bagimu


Hal ini penting buat kamu agar kamu bisa nyaman saat menggambar. Karena saat kamu menggambar komik, kamu akan membuat saaaangaat banyak gambar yang akan membuat kamu jenuh dan lelah. Kamu harus dapat menemukan cara agar komik kamu tidak terlalu menghabiskan banyak waktu karena kamu fokus terhadap satu hal saja misalnya detail yang tidak perlu dan sebagainya.


5. Pilih target penerbitan komik kamu


Kalau menurut admin sendiri, hal ini adalah hal yang penting untuk kamu tentukan. Di era yang serba digital pada saat ini, banyak platform yang bisa membesarkan nama kamu sebagai seorang komikus. Mulai dari Instagram, Webtoon, Comica, Ciayo dan lain-lain. Jika kamu ingin sukses di instagram, kamu harus rutin upload setiap hari, agar orang lai dapat candu dan mengenal akun kamu serta komik kamu. Kemudian selain instagram ada banyak kontes yang dilaksanakan oleh aplikasi komik di Indonesia dengan kontrak menjadi komikus resmi maupun untuk mendapatkan berbagai hadiah dan uang yang jika kamu menangkan.... Lumayan juga kan? Tetapi kalau kamu ingin menerbitkan komik kamu melalui media cetak, kamu dapat mengajukan karya kamu ke penerbitan yang memang menerbitkan komik di perusahaan mereka.


6. Gabung ke suatu komunitas menggambar atau komikus


Admin sangat menyarankan hal ini karena saat kamu bergabung dengan sebuah komunitas yang memiliki ketertarikan dan tujuan yang sama, kamu akan semakin semangat untuk membuat komik dan juga memperoleh ilmu baru serta tips trik yang akan saling dibagikan oleh tiap anggota. Kamu juga bisa share permasalahan kamu dan kamu akan dibantu oleh mereka.


7. Jangan berhenti berlatih


Saat kamu searching atau membaca buku tentang tutorial menggambar dan membuat komik, kamu pasti menemukan kalimat ini ya kan? Atau malah kamu pernah kesel atau ilfeel karena kamu rasa saran ini tidak tepat dan kamu merasa seberapa sering pun kamu latihan, gambar kamu tidak mengalami perubahan. Namun hal itu keliru ya teman-teman..! Gambar kamu pasti akan mengalami improvement..! Nggak percaya? Coba deh kamu lihat gambar atau lembaran pertama komik yang pernah kamu buat dengan yang terakhir kali kamu buat. Terasa kan perubahannya? Kenapa? Karena perubahan itu tidak terjadi secara spontan namun bertahap dan dalam waktu yang tidak singkat pula.



Nah... Apakah tulisan ini menjadi api yang dapat membakar semangat kalian untuk lebih berkobar lagi? Kalian boleh berbagi tips lainnya di kolom komentar yang mungkin bisa menjadi ilmu baru bagi admin dan teman-teman pembaca lainnya. Semoga sukses teman-teman.

This post have 0 komentar

Silahkan Berkomentar Di Bawah Ini
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Iklan