Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Mode CMYK dan RGB yang Penting Untuk di Mengerti

Perbedaan RGB dan CMYK

Apa ada dari teman-teman pembaca yang masih belum kenalan sama mode warna RGB dan CMYK? Admin dulu juga cuma sekedar tahu saja itupun karena mata pelajaran seni saat sekolah dulu, Dan ternyata saat admin sudah mulai kepo dengan dunia desain grafis dan membuat komik, ternyata mode warna ini sangat penting kegunaannya dan bisa berakibat fatal terhadap hasil karya kamu kalau kamu tidak menggunakannya dengan tepat.

Sebelumnya admin akan memberi tahu dulu mode warna RGB dan CMYK ini, kalau bagi yang baru pertama kali tahu mungkin akan berpikir ini kode apa ya kan? 

Jadi saat kamu berkreasi di bidang digital, kamu akan mewarnai karya kamu secara digital pula, mungkin teman-teman biasa melihat warna dan mengambil warna dari color swatcher, color wheel atau color slider.
Color Wheel




Color Swatches
Gambar dibawah ini adalah adalah contoh color slider. RGB sendiri adalah singkatan dari (R)ed, (G)reen dan (B)lue. Jadi pada mode RGB ini dasar seluruh warna nya dari merah, hijau dan biru. Mode RGB dapat kamu gunakan untuk keperluan publikasi digital karena warna RGB merupakan warna addictive yang berpadu dengan layar monitor, tv, hp dan laptop yang berlatar gelap. 

Color Slider RGB
Sementara mode warna CMYK adalah singkatan dari (C)yan, (M)agenta, (Y)ellow dan Blac(k). Jadi pada mode warna CMYK ini, ke empat warna inilah yang akan digabungkan menjadi warna lainnya. Kamu dapat melihat perbedaan warnanya bukan? CMYK tampak memiliki warna yang sangat cerah dibandingkan dengan mode warna RGB. Hal ini dikarenakan mode CMYK adalah warna substractive  yang berfungsi untuk di gabungkan dengan latar putih yaitu kertas sehingga mode CMYK adalah mode yang tepat untuk keperluan percetakan. Untuk mendapatkan warna yang sesuai saat kamu mencetak karya kamu, pasti deh warna CMYK ini adalah warna yang paling mendekati dengan yang kamu lihat di komputer kamu. Jika kamu memakai mode RGB, hasil cetakan kamu warnanya akan lebih gelap dan pekat.

Color Slider CMYK
Tapi admin, printer saya pakai mode RGB aman-aman saja tuh warnanya? Tidak salah juga, Admin sendiri saat pelatihan prnternya memang harus mode CMYK baru warnanya bagus, namun saat admin coba di tempat lain ternyata ada printer yang memang menggunakan RGB sebagai dasar warnanya. Menyesuaikan dengan printer kamu ya

Kalau kamu ingin memposting karya kamu di Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya yang biasanya menggunakan Handphone, kamu harus menggunakan mode RGB ya teman-teman. Kalau tidak karya kamu akan tampak sangat berbeda dari yang kamu lihat di layar monitor kamu.

Ini contoh hasil screenshot dari Handphone admin agar kamu lebih mudah mengerti perbedaan warnanya untuk publikasi digital 


1.Mode CMYK pada tampilan HP


2.Mode RGB pada tampilan HP





Nah, pada gambar di atas kamu dapat melihat perbedaannya bukan? Saat admin membuat karya di atas, di laptop admin warna yang tampak pada mode RGB dan CMYK adalah seperti gambar yang nomor 2. Namun saat admin memindahkan gambar tersebut ke HP, gambar dengan mode warna CMYK tampak sangat cerah dan lebih seperti warna hijau stabilo padahal saat admin desain gambar di atas, admin milih warna yang tampak lebih lembut. Dan warna yang sesuai dengan penglihatan admin saat di komputer dan HP adalah gambar dengan mode warna RGB. 


Begitulah kurang lebih penjelasan admin, semoga kalian tidak makin bingung ya. 



Post a Comment for "Perbedaan Mode CMYK dan RGB yang Penting Untuk di Mengerti"

Berlangganan via Email