Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengalaman Ikut Pelatihan Desain Grafis di BLK Banda Aceh - GRATIS

pengalaman ikut pelatihan desain grafis gratis di BLK Kota Banda Aceh
Ilustrasi Siswa/i Desain Grafis BLK Banda Aceh dengan Seragam

PELATIHAN GRATIS - Pengalaman Ikut Desain Grafis di Balai Latihan Kerja ( BLK ) Kota Banda Aceh - Halo Teman-teman yang sedang mencari informasi dan ingin mendaftar pelatihan tapi terhalang dana. Karena pelatihan desain grafis pada umumnya biayanya cukup mahal, apalagi saat kita mengikuti pelatihan kan ada tingkatannya juga dari pemulai sampai ke tahap profesional. Apalagi kamu masih belum pernah mengoperasikan software desain grafis sama sekali.

Atau kamu sudah mengenal software desain tetapi ingin mempelajari lebih jauh lagi? Entah itu untuk mengasah kemampuan kamu, mencari ilmu baru, keperluan percetakan, atau ingin menjual karya desain digital kamu?  

Kalau kamu mengalami hal di atas, kamu perlu mencoba untuk mendaftar di Balai Latihan Kerja yang biasa disebut BLK di kabupaten atau provinsi di sekitar kamu! Nah kalau kamu sama sekali belum tau BLK itu apa, kamu nggak perlu takut. Karena BLK adalah instansi resmi milik pemerintah yang berada dibawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (KEMNAKER RI) yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki skill yang nantinya diharapkan dapat membuat usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi. 

Jadi buat kamu yang memiliki jiwa pengusaha atau freelancer, pelatihan di BLK saya rasa cukup bagus dan mempunyai pelatihan yang beragam. Namun karena saya memilih jurusan Desain Grafis... Saya akan menceritakan pengalaman terkait jurusan saya saja ya.

DAN PELATIHAN DI BLK KAMU DAPATKAN GRATIS...!! TANPA DIPUNGUT BIAYA SEDIKITPUN...!!

Makin penasaran? Baiklah, saya akan menjelaskan hal-hal yang saya rasa penting saja.


Inilah kisah pengalaman ikut pelatihan gratis kelas desain grafis di BLK Banda Aceh.


Kalau kamu mau mengikuti pelatihan di BLK, kamu harus mencari tahu dulu di sosial media, web atau datang langsung ke kantornya ya teman-teman agar kamu bisa tahu apakah jurusan yang kamu mau ada dibuka pendaftaran atau tidak.

Syarat pendaftarannya? Sangat mudah...! BLK sendiri menerima walau kamu lulusan SD, SMP, SMA bahkan lulusan S1 dan S2 juga diperbolehkan ikut pelatihan ini. Kemudian syarat usianya selama kamu sudah memiliki KTP, kamu bisa mendaftar pelatihan ini dan tida ada batas usia maksimal ya gaes. Bahkan saat saya mengikuti pelatihan ada yang umur 50 tahunan ke atas, ada yang baru lulus SMA, ada yang sedang kuliah S2 dan sebagainya. Jadi kamu tidak perlu malu dengan lulusan atau umur kamu untuk mendaftar disini.

Setelah kamu mendaftar dan menyerahkan berkas sesuai yang mereka minta, kamu akan diberi tahu kapan tanggal tes untuk bisa mengikuti pelatihannya. Pake tes lagi? Yaa....!! Ada tes tulis dan interview karena setiap jurusan hanya menampung 16 orang saja agar semua siswa/i nya dapat belajar efektif.

Setelah mengikuti tes, kamu dapat melihat pengumuman di kantor BLK nya atau menunggu postingan sosial media atau web BLK nya dan akan ada informasi kapan kamu akan mengikuti masa orientasi dan soft skill selama 1 minggu. Dan pada saat mengikuti ujian di BLK Banda Aceh, saya menetap di Banda Aceh selama beberapa hari karena saya berasal dari luar kota. Saya melihat hasil pengumuman kelulusan di akun Facebook resmi BLK Banda Aceh dan Alhamdulillah saya lulus dan mendapatkan kelas pagi.

Saat orientasi, kamu akan dilatih kedisiplinannya sama bapak tentara yang tegas, disiplin dan inspiratif. Ingat ya...!!! Di BLK tidak boleh telat dan sering absen, karena kamu bisa dikeluarkan dan diganti sama peserta lain. Kemudian kamu dilatih soft skill yang berguna dalam memasuki dunia kerja. Dari masa orientasi sampai pelatihan selesai, kalau kelas pelatihan yang kamu ikuti adalah kelas pagi maka kamu harus hadir jam 07:30 - 16:00 WIB  dari hari Senin-Jumat. 

Setelah satu minggu orientasi, kamu akan diberikan modul, atk, seragam dan perlengkapan lainnya yang sekiranya dapat membantu proses belajar mu.  

Setelah mengikuti orientasi selama seminggu, barulah di minggu kedua kamu mengikuti pelatihannya dan lebih mengakrabkan diri dengan teman-teman sekelas kamu dan bertemu instruktur kamu.

Nah instruktur kami saat itu adalah Pak Gumilar, sayangnya di foto ini kami tidak lengkap 16 orang.



Pelatihannya seru nggak? Seru banget....!!! Di tempat pelatihannya sudah menyediakan alat untuk kamu berlatih dan belajar mulai dari PC yang besar dengan spesifikasi yang memang dikhususkan untuk penggunaan software desain grafis. Ada printer kertas dan mesin cetak ukuran besar untuk banner atau spanduk, ada pentab juga buat kamu yang suka menggambar digital atau lettering digital. Tapi ngga boleh dibawa pulang yaa. Cuma boleh digunakan di tempat pelatihan saja. Oh iya tersedia wifi juga.

Cara belajarnya menurut saya asik. Kamu akan diajari tools nya dulu dan di BLK Banda Aceh memakai software Corel Draw, Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator. 

Kalian boleh request mau diajarin apa dan instruktur juga mau nawarin desain yang lagi populer saat ini tuh apa. Walaupun selama pelatihan kita juga ada modul nya sendiri, tapi bisa sekali jalan semua kok. 

Yang membuat seru itu, kamu diajarin cara-cara atau dikasi contoh untuk desainnya. Misalnya materi hari ini desain kartu nama. Kamu diberitahu ukurannya, cara penggunaan shape, frame, font dsb. Lalu kamu bisa langsung mencetak hasil desain kamu di tempat pelatihannya. Ingat ya, semua fasilitas di BLK dapat kamu gunakan secara gratis. Jadi kamu bisa bebas berkreasi dengan hasil desain kamu, entah membuat stiker, cetak foto, cetak desain kemasan, buat undangan dsb.

Pelatihan desain grafis berlangsung selama 320 Jam Pelatihan atau 40 hari kerja. Jadi pelatihannya itu selama 2 bulan, tapi setiap jurusan berbeda yaaa.

Selain ilmu untuk dunia percetakan, kamu juga dikasi bekal untuk menjual hasil karya kamu secara online entah dengan kontes, market, zona freelancer yang ada di Indonesia dan internasional.

Oh iya... Kamu dapat sertifikat pelatihan + uang saku dari BLK. Selain itu jika kamu mengikuti magang maka kamu juga akan mendapatkan sedikit uang lelah dan transportasi untuk kegiatan magang tersebut. Hanya saja BLK tidak menyediakan tempat tinggal untuk teman-teman yang tempat tinggalnya jauh dari BLK Banda Aceh ataupun berasal dari luar kota Banda Aceh.

Saya rasa cukup sekian cerita saya tentang pengalaman pelatihan di BLK Kota Banda Aceh. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu boleh komentar di bawah yaa.

Sampai jumpa lagi....!!! 

Post a Comment for "Pengalaman Ikut Pelatihan Desain Grafis di BLK Banda Aceh - GRATIS"

Berlangganan via Email