Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Bingkai Sederhana untuk Undangan di Corel Draw X7


Cara Membuat Bingkai Sederhana untuk Undangan di Corel Draw X7 - Sesuai judul di atas, pada postingan ini saya akan membagi ilmu yang saya ketahui untuk membuat bingkai yang paling sederhana di Corel Draw X7.

Jadi... Kali ini kita akan membuat bingkai yang dapat di aplikasikan di pembuatan sertifikat ataupun undangan dengan menggunakan karakter yang ada pada font tulisan lho...! Nggak percaya? Atau ada teman-teman yang sudah pernah mencoba tapi lupa? Tapi sebelumnya, jika kalian ingin tahu dimana tempat membeli lisensi software Corel Draw, kalian bisa mengunjungi situs resmi Corel Draw untuk membeli  produk di Product Cored Draw - Graphic Design Software.

Membuat bingkai di Corel Draw dengan menggunakan simbol pada font sangat berguna lho teman-teman. Hal ini akan sangat membantu kita yang masih pemula dan tidak pandai menggambar untuk menciptakan beragam ilustrasi menarik. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk membuat bingkai sendiri dengan bentuk / simbol yang sudah tersedia pada font di laptop / pc kita.

"Baca Juga: Cara Menyimpan File Adobe Illustrator atau Corel Draw ke Format JPG atau PNG

Cara Membuat Bingkai Sederhana untuk Undangan di Corel Draw X7 


Sebenarnya, cara untuk membuat bingkai sederhana ini gampang-gampang susah sih. Tapi kuncinya cuma ketelitian aja, kalau ngga ada langkah yang terlewat atau di skip, pasti kamu akan langsung ahli dalam membuat bingkai di Corel Draw ini.

Baiklah saya akan menjelaskan tahapan pembuatannya dengan contoh beberapa tampilan tangkapan layar yang dapat membantu teman-teman agar dapat lebih mudah memahami. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Buka Corel Draw X7 kamu terlebih dahulu

Pastikan kamu sudah mempunyai software Corel Draw X7 ya dan pastikan juga kamu sudah menjalankan software ini sebelum memulai tutorial ini.

2. Klik File > New > dan pilih ukuran kertas yang kamu mau.

Pada menu file yang ada di bagian sudut kiri atas, pilihlah menu file terlebih dahulu. Jika sudah memilih menu file, pilih new dan pilih juga ukuran kertas yang kamu inginkan untuk membuat bingkai undangan tersebut. Karena bingkai ini ukurannya ada beragam, maka pastikan kamu sudah memilih ukuran yang sesuai untuk kebutuhan desain undangan kamu. Kamu bisa mencontoh ukuran yang ada di Google, karena biasanya banyak kreator yang membagikan ukuran desain undangan mereka.

3. Klik Window > Dockers > Text > Insert Character 


Klik menu window yang ada disebelah menu help, klik dockers, lalu klik text dan insert character untuk lanjut ke langkah berikutnya. Nantinya akan muncul tampilan insert character dan nama font seperti gambar berikut ini.


4.  Pilih Simbol Font yang Kamu Inginkan 

Sebagai contoh, saya memilih font dengan nama wingdings 2 dengan karakter seperti ini. Kalian bisa bebas memilih simbol font apa saja yang kalian sukai bentuknya untuk dibuat bingkai di Corel Draw.




5. Lalu Tekan dan Drag karakter yang kamu mau ke kertas lembar kerja kamu.

Pilih simbol / karakter font yang kamu sukai lalu tekan, tahan dan tarik simbol tersebut ke lembar kerja kamu.


6. Kemudian kamu dapat mengklik gambar nya hingga muncul seperti bingkai kecil dengan enam kotak kecil.


Nah kamu klik kotak kecil tersebut sambil tekan + di keyboard lalu tahan tombol ctrl dan tarik kotak tersebut kearah yang kamu inginkan untuk di menggandakan objectnya dan  klik kanan. 



7. Saat kamu sudah selesai melakukan tahap diatas, kamu akan mendapatkan hasil seperti ini.

Nah disini saya berkreasi dengan menggandakan kotak tersebut dengan 2 variasi ukuran sehingga pada gambar dibawah ini ada 3 kotak yang sudah saya susun. Kemudian saya menyeleksi ketiga objek tersebut dan menggandakannya seperti pada tahap 6 tadi.

8. Lalu saya menyeleksi ketiga object tersebut dan menggandakannya seperti pada tahap 5 sebelumnya.


Kemudian setelah kamu menggandakan objek tersebut, kamu dapat mengklik Ctrl + R sebanyak yang kamu mau dan sesuaikan dengan lembaran kertas kamu. Saya menggandakan simbol / karakter hingga memenuhi lembar kerja karena saya menginginkan bingkai yang saya buat memenuhi lembar kerjanya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


Nah... Jika sudah begini kamu tinggal menggandakannya untuk bagian bawah bingkai kamu maupun sisi kanan dan kiri lembar kertas kamu. Pada tampilan dibawah, saya mengecilkan ukuran sisi kanan dan kiri.

9. Mengubah warna bingkai dengan klik Window > Dockers > Object Properties

Setelah menjalankan perintah diatas, kemudian seleksi keseluruhan object dan ikuti langkah dibawah ini yang saya tandai dengan warna merah untuk mengubah warna bingkai kamu.


10. Finish.....!!!! 


Bingkai sederhana untuk undangan dan sertifikat sudah kamu ciptakan di Corel Draw X7 dan sekarang tinggal save aja deh bingkai yang sudah kamu ciptakan sendiri. Jika teman-teman masih belum mengetahui cara menyimpannya, saya juga sudah pernah membuat tutorial tentang cara menyimpan sormat JPG/PNG di Corel Draw pada artikel sebelumnya.


Begitulah cara membuat bingkai sederhana untuk undangan di Corel Draw X7 yang bisa saya bagikan dengan teman-teman pembaca semuanya. Kamu bisa mengunjungi artikel menarik lainnya di blog ini untuk berbagai tutorial menarik tentang desain grafis dan juga digital art yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill kamu.

Sekian tutorial hari ini yang saya sampaikan di artikel ini. Jika ada yang membuat kamu bingung atau kurang jelas, kamu dapat menanyakannya di kolom komentar ya.

Post a Comment for "Cara Membuat Bingkai Sederhana untuk Undangan di Corel Draw X7 "

Berlangganan via Email